BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

Artikel ketiga ini saya akan membahas menegnai bentuk-bentuk badan usaha, terutama yang ada di Indonesia. Badan usaha merupakan lembaga yang bersifat legal dan terdaftar di insatansi pemerintahan, masing-masing badan usaha memiliki tujuan yang berbeda. Menurut pemilik modalnya, badan usaha dapat dibedakan menjadi badan usaha milik swasta, badan usaha milik negara dan koperasi.

A.         Badan usaha milik swasta atau BUMS adalah badan usaha yang didirikan oleh instansi swasta yang lazimnya memiliki motivasi mencari benefit atau laba sebesar-besarnya. BUMS sendiri dapat dikelompokan lagi menjadi:

  1. Badan usaha Perseorangan : Badan usaha ini adalah yang paling sederhana dan termudah dalam pendiriannya serta pengorganisasiannya, karena badan usaha ini hanya terdiri atas satu orang pemilik, dimana kekuasaan sepenuhnya dimiliki pemilik selain itu tanggung jawab pemilik juga tidak terbatas_maksudnya tidak ada pemisahan antara harta pemilik dan perusahaan jadi bila perusahaan bangkrut maka harta pemilik juga ikut habis. Dari segi pengambilan keputusan juga lebih mudah karena prosesnya lebih cepat dan tidak perlu berdebat dengan yang lain dalam penentuan hasil keputusan namun perusahaan akan sulit berkembang karena hanya berdasarkan pemikiran satu orang saja. Dari sisi pembubaran usaha, lebih mudah karena tidak perlu surat peretujuaan dari banyak pihak.
  2. Firma (Fa) merupaka persekutuan antara dua orang atau lebih dengan tujuan mencari laba dengan system bagi hasil, dimana badan usaha akan menggunakan nama bersama. Apabila ingin mendirikan firma harus memiliki paling sedikit dua orang, dalam firma para anggota harus solider dalam segala hal termasuk tanggung jawab, maksudnya apabila firma bangkrut tiap anggota harus bertanggung jawab bersama termasuk dengan harta pribadi mereka. Jadi tanggung jawabnya masih tidak terbatas hanya saja yang ini bersifat solider atau bersama.

Kelebihan dari firma adalah pembagian system kerja sesuai dengan keahlian masing-masing, resiko ditanggung bersama, lebih inovatif karena tidak hanya mengandalkan satu orang saja, lebih dipercaya oleh krreditur dalam mengajukan pinjaman. Sedangkan kekurangannya antara lain sulit dalam pengambilan keputusan dan pembagian hasil usaha, tanggung jawab tidak terbatas dan kesalahan satu orang akan ditanggung oleh seluruh anggota lain walaupun anggota lain tidak bersalah.

  1. Perseroaan komanditer atau CV (Commanditaire Vennotschap) merupakan badan usaha yang dibentuk karena perjanjian kerja sama antara orang-orang yang bersedia mengambil andil dalam pendirian perusahaan.

Dalam persekutuan komanditer terdapat persero atau sekutu, yang merupakan anggota dari CV. Persero tersebut dibedakan lagi menjadi Sekutu aktif/Persero aktif dan Sekutu pasif/Persero pasif. Perbedaannya sekutu aktif menyetorkan modal dan mengurus perusahaan sedangkan sekutu pasif hanya menyetorkan modal saja.

CV itu sendiri terdiri atas CV Murni (Hanya terdapat satu persero aktif dan yang lainnya adalah sekutu pasif), CV Campuran (Dibentuk dari firma yang dikembangkan menjadi CV dimana anggota dari firma akan menjadi sekutu aktif dan anggota baru menjadi sekutu pasif), CV Bersaham (CV ini mengeluarkan saham hanya saja saham ini beredar di pihak Intern saja, jd hanya dapat dimiliki oleh sekutu aktif atau pasif dan tanggung jawabnya masing-masing hanya sebatas pada saham masing-masing).

  1. Perseroan Terbatas (PT) adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, dan melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham – Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT).  Perseroaan terbatas merupakan badan usaha yang terdiri atasa sero-sero atau saham. Tanda penyertaan modal kepada PT. Pemegang Saham disebut pesero atau saham dan hanya bertanggung jawab sebatas modal yang disertakan. Kepada pemegang saham diberikan dividen, yakni bagian keuntungan PT yang besar kecilnya tergantung pada besarnya laba yang diperoleh badan usaha selama satu tahun. Kalau PT menderita rugi, pemegang saham tidak memperoleh dividen. PT merupakan badan hukum sehingga memiliki kekayaan sendiri; Segala tagihan utang-piutang pada perseroan ditanggung oleh kekayaan perseroan, bukan harta pribadi pemilik saham. Kekuasaaan tertinggi dalam PT terletak pada rapat umum pemegang saham (RUPS). Dalam RUPS, pengurus (direksi) PT diangkat dan diberhentikan. RUPS diadakan paling sedikit satu kali dalam satu tahun dan selambat-lambatnya enam bulan sesudah tahun buku ybs.

PT tertutup adalah PT yang sahamnya hanya dapat dimiliki oleh orang-orang tertentu. PT terbuka adalah PT yang sahamnya dapat dimiliki oleh semua orang. Hal ini karena PT terbuka memperoleh tambahan modal dengan menjual sahamnya di bursa efek. PT ini menuliskan Tbk (Terbuka) dibelakang nama perseroannya.

Contoh: PT. Jarum Kudus, PT. Unilever, PT Indo Food

B. Badan usaha milik neegara (BUMN): Merupakan badan usaha yang didirikan, dijalankan, dan dimodali oleh pemerintah atau Negara. BUMN terdiri atas beberapa jenis yaitu:

  1. Perusahaan Jawatan (PERJAN) Merupakan Perusahaan yang didirikan pemerintah dengan tujuan utama melayani kepentingan masyarakat umum contohnya: Jawatan kereta api dan Jawatan pengadaian.
  2. Perusahaan Umum(PERUM) Merupakan Perusahaan yang didirikan untuk umum namun juga mencari keuntungan. Contohnya: PLN
  3. Perusahaan Daerah: Merupakan perusahaan milik pemerintah daerah. Kekuasaan dan organisasi dikelola oleh pemerintah daerah setempat.
  4. PERSERO: Perusahaan Negara dalam bentuk persero tujuan utamanya adalah mencari untung. Contohnya: TELKOM, Garuda Indonesia, Bank BNI.

C. KOPRASI

Koperasi merupakan badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang menjalankan prinsip-prinsip koperasi yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi dibedakan menjadi koperasi primer dan koperasi sekunder.

SUMBER buku KEWIRAUSAHAAN SMK XI OLEH DRA. DEVI PUSPITASARI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s