PERUSAHAAN DENGAN RUANG LINGKUPNYA

 Pada kesempatan kali ini penulis akan menuis artikel mengenai perusahaan dengan ruang lingkupnya. Penulisan artikel ini ditujukan guna memenuhi tugas dari dosen mata kuliah pengantar bisnis, selain itu penulis berharap bahwa artikel yang di post pada blog ini akan berguna bagi semua pihak yang membutuhkan informasi terkait.

Agar lebih paham mengenai hal ini ada baiknya jika pembaca mengetahui terlebih dahulu pengertian dari perusahaan. Perusahaan adalah bentuk lembaga organisasi formal yang didirikan oleh seseorang ataupun perkumpulan orang-orang yang menyetorkan modal baik berupa dana maupun tenaga guna menjalankan kegiatan operasional perusahaan yaitu mengolah sumber daya yang tersedia agar menjadi kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat, dimana motivasi utama perusahaan untuk mendapatkan laba.

Masing-masing perusahaan yang didirikkan memiliki tujuan atau target yang berbeda-beda. Untuk menentukan seberapa jauh keberhasilan  pencapaian target perusahaan perusahaan  membuat tujuan untuk jangka panjang. Adapun tujuan perusahaan didirikan secara jangka panjang adalah :

  • Agar meraih keberhasilan atas usaha yang dikembangkan
  • Mengatur dan membentuk kerja sama dengan perusahaan lain
  • Agar dapat bergabung dengan perusahaan yang lain
  • Membangun relasi dan mengajak orang yang mempunyai keahlian untuk bekerja sama dengan perusahaan

Dalam memdirikan perusahaan diperlukan adanya penentuan visi dan misi dari perusahaan. Visi merupakan konsep tentang masa depan yang harus diwujudkan oleh perusahaan , sedangkan misi adalah tindakan yang hurus dilakukan agar mencapai  visi tersebut. Adapun fungsi dari didirikannya perusahaan dapat dilihat dari 2 sisi secara umum yaitu,

  1. Dari sisi Konsumen : Perusahaan berfungsi sebagai penyedia kebutuhan baik jasa maupun barang sesuai dengan kebutuhan dari konsumen.
  2. Dari sisi Pengusaha : Perusahaan berfungsi sebagai mesin pencetak uang yang diperoleh dari kegiatan operasional perusahaan.

Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan

Lokasi Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu malakukan kegiatan fisik. Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.

 

Dalam penentuaan lokasi lingkungan yang dipilih untuk medirikan perusahaan ada beberapa aspek yang menjadi bahan pertimbangan yaitu: Target konsumen dan Kegiatan operasional yan dilakukan perusahaan.

Misalnya saya umpamakan, Pemodal akan membuka usaha Warnet dan Foto copy maka harus menentukan terlebih dulu konsumen seperti apa yang menjadi target dari perusahaan. Jika ingin membuka foto copy dan warnet sebaiknya dibuka di dekan instansi pendidikan seperti sekolahan dan kampus karena usaha akan lebih lancer dari pada dibuka di daerah perumahan. Itu adalah contoh dari penentuan lokasi berdasarkan target konsumen. Sedangkan contoh untuk penentuan lokasi berdasarkan kegiatan operasional perusahaan adalah Pembukaan pabrik kosmetik atau tekstil lebih baik memilih lokasi yang jaraknya jauh daari pemukiman penduduk karena tidak akan mengganggu kenyamanan penduduk akibat kegiatan perusahaan.

Jika dirincikan Faktor-Faktor Pokok Penentu Pemilihan Lokasi perusahaan adalah:

– Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
– Letak dari pasar konsumen
– Ketersediaan tenaga kerja
– Ketersediaan pengangkutan atau transportasi
– Ketersediaan energy

Jenis-Jenis Lokasi Perusahaan

*Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah : Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.

*Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah : Lokasi perusahaan yang dipilih memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.

*Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam : Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.

*Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi : Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain.

Sekian Artikel ini ditulis. Penulis berharap agar dapat diberi kritik dan saran. Apabila ingin mengcopy data harap sertakan link dari blog ini. Thanks and enjoy reading…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s