RUANG LINGKUP BISNIS

Pengertian Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pembisnis lain, dengan tujuan memperoleh laba. Bisnis berasal dari bahasa Inggris business, yaitu busy yang berarti “sibuk”. Sibuk disini adalah sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam perekonomian kapitalis, bisnis secara garis besar dikuasai oleh pihak swasta, yang mana tujuan pokoknya adalah meningkatkan laba perusahaan atau mengutamakan keuntugan pemilik. Lain halnya dengan lembaga social yang tujuan pokoknya untuk mensejahterakan rakyat walaupun secara sedikit mencaari keuntungan juga atas kegiatan badan usaha. Biasanya lembaga social didirikan oleh para donator atau pemerintah.

Berdasarkan beberapa informasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa bisnis merupakan kondisi saat seseorang ataupun sekelompok orang yang sibuk melakukan pekerjaan yang member keuntungan bagi pihaknya mereka.

Tujuan Kebijakan Bisnis
Dalam penjalanan bisnis diperlukan adanya kebijakan yaitu, Prosedur yang harus dijalankan agar kegiatan berjalan sesuai dengan perencanaan dan mencapai target dari dilakukannya bisnis terkait. Dalam penyusunan kebijakan akan melibatkan beberapa pihak terkait dan mengakibatkan efek kepada seluruh anggota bisnis. Pemerintah dan pimpinan kelompok ataupun seseorang dalam bisnis individu merupakan pihak utama yang terkait dalam hal penentuan kebijakan bisnis.

Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Negara kita Republik Indonesia menerapkan Sistem perekonomian pancasila yang artinya mengunakan system ekonomi campuran yang berdasarkan pada nilai-nilai pancasila. Pada perekonomian ini pemerintah menjalankan tugasnya sebagai pengawas dan pengatur jalannya perekonomiaan agar tidak terjadi sabotase yang dilakukan pelaku ekonomi. Tujuannya agar perekonomiaan lebih sehat, jujur dan transparan.
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Pada Perekonomian terencana (planned economies) pemerintah berkuasa untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan,

Perekonomian terencana
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme Sebagai wujud pemikiran Karl Max, komunisme adalah sistem yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh faktor produksi. Namun, lanjutnya, kepemilikan pemerintah atas faktor-faktor produksi tersebut hanyalah sementara. Ketika perekonomian masyarakat dianggap telah matang, pemerintah harus memberikan hak atas faktor-faktor produksi itu kepada para buruh dan masyarakat. Sistem ini diterapkan oleh China.

Perekonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada Kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

Perekonomian pasar campuran
Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan negara seperti Amerika Serikat Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan negara-negara perekonomian terencana.

Kesempatan Bisnis

Saat ini bisnis yang berpeluang adalah Frachise karena dengan modal sedikit sajaseseorang dapat memulai sebuah bisnis baru, dan bisnis yang dikembangkan tentunya sudah memiliki cabang dan sudah jadi, karena segalanya telah dipersiapkan Franchisor. Sehingga usaha yang merupakan kerja sama antara pekerja dan penyedia usaha (Waralaba) menjadi incaran orang-orang yang sudah bosan menjadi karyawan…

Unsur-unsur Penting Dalam Aktivitas Ekonomi
1.Variabel endogenus

 2.Variabel eksogenus

Hakikat Bisnis

1. bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis.

2. bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya.

Sekian Artikel ini ditulis. Penulis berharap agar dapat diberi kritik dan saran. Apabila ingin mengcopy data harap sertakan link dari blog ini. Thanks and enjoy reading…

Sumber:

http://fachrurrozyezy740.blogspot.com/2010/10/ruang-lingkup-bisnis.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s