konsep nilai waktu uang “time value of money”

KONSEP NILAI WAKTU DARI UANG

Nilai yang akan datang atau dikenal sebagai “Future VALUE” dan nilai sekarang atau “Present VALUE”, Sedangkan nilai waktu dari uang “Time Value of money”.

Secara kasar nilai waktu dari uang dapat diartikan sebagai nilai sutu uang pada kondisi waktu yang berbeda dapat dihitung di masa datang, sekarang ataupun lampau. Tergantung pada kondisinya.

Saya umpamakan anda mengikuti Kredit pembelian rumah di sebuah perumahan yang menawarkan nilai 64juta rupiah apabila dibayar cash sedangkan anda harus membayar 160juta secara kredit dengan bunga 0.3% per tahun selama 20 tahun. Maka nilai dari uang 64 juta tersebut pada saat ini dengan nantinya akan berbeda apabila dibandingkan dengan pembayaran kredit. Anda harus menghitung dulu nilai yang akan dibayar kita saat kredit scara keseluruhan yaitu future value secara kredit. Kemudian anda hitung present value dari future value tersebut. Baru anda dapat menbandingkan dengan nilai 64 juta tersebut. Mana yang jadinya lebih murah dan menguntungkan.

Contoh lainnya, Konsep nilai waktu uang sering digunakan untuk menghitung deposito, tabungan hari tua, simpanan pendidikan, dsb.

Simplenya, Future Value (FV) digunakan untuk menghitung nilai investasi yang akan datang berdasarkan tingkat suku bunga dan angsuran yang tetap selama periode tertentu, sedangkan Present Value digunakan untuk untuk mengetahui nilai investasi sekarang dari suatu nilai dimasa datang.

Konsep nilai waktu uang diperlukan oleh manajer keuangan dalam mengambil keputusan ketika akan melakukan investasi pada suatu aktiva dan pengambilan keputusan ketika akan menentukan sumber dana pinjaman yang akan dipilih.
1. DISCOUNT FACTOR : Suatu jumlah uang tertentu yang diterima waktu yang akan datang jika dinilai sekarang maka jumlah uang tersebut harus didiskon dengan tingkat bunga tertentu.
2. COMPOUND FACTOR : Suatu jumlah uang tertentu saat ini dinilai untuk waktu yang akan datang maka jumlah uang tersebut harus digandakan dengan tingkat bunga tertentu.

3. FUTURE VALUE : nilai uang diwaktu akan datang dari sejumlah uang saat ini atau serangkaian pembayaran yang dievaluasi pada tingkat bunga yang berlaku.
4.  PRESENT VALUE : nilai saat ini dari jumlah uang di masa datang atau serangkaian pembayaran yang dinilai pada tingkat bunga yang ditentukan.
5. Annuity: suatu rangkaian pembayaran uang dalam jumlah yang sama yang terjadi dalam periode waktu tertentu.

Adapun Rumus-rumus  Nilai waktu dari uang yang umumnya digunakan:

  1. Nilai Masa Depan

FV = Ko (1 + r)n

Keteragan :
FV = Future Value / Nilai Mendatang
Ko = Arus Kas Awal
r = pesentase Bunga
n = Tahun Ke-n atau periode nya

Contoh : Jika kita menabung 1 juta rupiah dengan bunga 10% maka setelah satu tahun kita akan mendapat :
FV = 1.000.000 (1 + 0,1)1
FV = 1.100.000 rupiah

Jadi uang kita satu tahun kedepan menjadi 1.100.000 rupiah.

2. Rumus Nilai Sekarang

PV = Kn / (1 + r)n

Keterangan :
PV = Present Value / Nilai Sekarang
Kn = Arus kas pada tahun ke-n
r = pesentase Bunga
n = Tahun Ke-n atau periode nya

Contoh : Jika di masa yang akan datang kita akan punya saldo sebesar 1,1 juta hasil berinvestasi selama satu tahun, maka uang kita saat ini adalah sebesar :
PV = 1.100.000 / (1 + 0,1)1
PV = 1.000.000 rupiah

Tambahan :
1 / (1 + r)n yang disebut sebagai discount factor

Sumber :

fachrurrozyezy740.blogspot.com
ums.ac.id/staf/triyono/fm/Courses/MANAJEMEN%20KEUANGAN.doc

http://organisasi.org/konsep_dan_teori_nilai_waktu_uang_alias_duit_plus_rumus_dan_cara_menghitungnya_ekonomi_investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s