bisnis internasional

Bisnis International

I. Hakikat Bisnis International.

Salah satu ciri dari bisnis internasional adalah melakukan kegiatan bisnis yang berhubungan dengan negara-negara lain yaitu bersifat hubungan internasional (seluruh dunia). Bisnis internasional sering disebut sebagai International trade atau International marketing (Pemasaran internasional). Bisnis internasional dapat terjadi karena kebutuhan suatu negara bervariasi dan tidaklah mungkin jika suatu negara dapat memenuhi seluruh kebutuhan tersebut dalam suatu produksi dalam negeri saja. Oleh karena itu suatu negara dapat melakukan transaksi internasional untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Bisnis internasional yang dilakukan ada tahapan-tahapannya yaitu:

  • Eksport Insidentil
  • Eksport Aktif
  • Penjualan lisensi
  • Franchising
  • Pemasaran Luar Negeri
  • Produksi di Luar Negeri

Dalam pelaksanaannya tentu memiliki hambatan seperti, Perbedaan sosial budaya anata negara, Perbedaan ekonomi, hukum serta politik. Selain itu bisnis Internasional akan memberikan efek yang besar bagi negara-negara yang terkait, dapat dilihat dari contoh nyatanya di negara kita “Indonesia”. Negara kita telah menjalin bisnis internasional dengan berbagai negara dalam jenis perdagangan yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat persaingan perusahaan dalam negeri yang sudah sulit menjadi tambah rumit, pasti itu terjadi karena persaingan mereka dengan perusahaan internasional yang tekhnologi dan sistem kerjanya sudah canggih. Sehingga persaingannya sudah multinasional dan multiinternasional.

II. Alasan Melaksanakan Bisnis International

Beberapa hal yang menjadi alasan mengapa mereka melakukan transaksi internasional (bisnis internasional). Kebanyakan memiliki motif untuk mencari keuntungan yang lebih besar karena penyebaran produk lebih luas, ingin perusahaannya lebih maju dan terkenal didunia, sebagian berpendapat perdagangan internasional akan lebih menguntungkan, Selain hal-hal diatas masih ada hal lainnya.

III. Tahap-Tahap Dalam Memasukan Bisnis International.

Untuk masuk ke dalam perdagangan internasional ada tahapannya.

Apa alternatif atau jalan yang dapat menjadi perantara bagi anda dalam melakukan bisnis internasional. Ada berbagai cara, anada hanya perlu memikirkan mana yang akan menguntungkan anda dan memberi peluang yang besar. Contoh alternatifnya seperti perdagangan online, lewat internet anda dapat menjangkau seluruh konsumen di berbagai belahan dunia. Bahkan transaksi pembayarannya pun sudah lebih mudah dan aman. Selain itu anda dapat melakukan eksport import produk ke agen distributor internasional. Setelah itu anda akan mempertimbangkan tahapan internasionalisasi. Seperti transaksi penawaran atau pemasaran produk setelah terjadi kesepakatan maka pembeli akan melakukan pembayaran lalu produsen akan mengeksport/mengimport barangnya dengan perizinan dari negara terkait, barang tersebut dapat masuk ke agen internasional atau distributor tiap daerah. Pemasarannya di luar negeri dapat dengan menjalian SA (Aliansi Strategis), Joint ventures (JV).

VI. Hambatan Dalam Memasuki Bisnis International.

Hambatan terbesar adalah persaingan dengan perusahaan lainnya, akan sulit bagi perusahaan baru untuk memasuki pasar.

Hambatan untuk masuk ke pasar untuk perusahaan meliputi:

Periklanan  ®  Bagaimana mengubah persepsi atau pandangan masyarakat terhadap produk yang dipasarkan.

Modal  ®  membutuhkan modal untuk memulai seperti peralatan, bangunan, dan bahan baku

Pengendalian sumber daya

Biaya keuntungan independen skala  ® Pembelajaran keuntungan biaya kurva.

Loyalitas pelanggan  ® incumbent perusahaan besar mungkin ada pelanggan setia kepada produk yang ditetapkan. Kehadiran merek yang kuat didirikan dalam pasar dapat menjadi penghalang untuk masuk dalam kasus ini.

Distributor perjanjian  ® perjanjian Eksklusif dengan distributor kunci atau pengecer dapat membuat sulit bagi produsen lain untuk memasuki industri.

Ekonomi skala  ® Besar, perusahaan yang berpengalaman umumnya dapat memproduksi barang dengan biaya lebih rendah dari yang kecil, perusahaan berpengalaman. Biaya keuntungan kadang-kadang dapat secara cepat dikembalikan oleh kemajuan teknologi. Sebagai contoh, pengembangan komputer pribadi telah memungkinkan perusahaan kecil untuk menggunakan database dan komunikasi teknologi yang dulunya sangat mahal dan hanya tersedia bagi perusahaan besar.

Peraturan Pemerintah  ® Ini dapat membuat entri lebih sulit atau tidak mungkin. Dalam kasus ekstrim, pemerintah mungkin membuat kompetisi ilegal dan membentuk undang-undang monopoli . Persyaratan untuk lisensi dan izin dapat meningkatkan investasi yang dibutuhkan untuk memasuki pasar, menciptakan penghalang yang efektif untuk masuk.

permintaan inelastis  ® Salah satu strategi untuk menembus pasar adalah untuk menjual dengan harga lebih rendah dari mapan. Hal ini tidak efektif dengan konsumen harga-insensitive.

Kekayaan intelektual  ® Potensi peserta membutuhkan akses ke teknologi produksi yang efisien sama sebagai monopoli kombatan dalam rangka memasuki pasar bebas. Paten memberikan perusahaan hak hukum untuk menghentikan perusahaan lain yang memproduksi produk untuk jangka waktu tertentu, dan membatasi masuk ke pasar. Paten dimaksudkan untuk mendorong penemuan danteknologi kemajuan dengan menawarkan insentif keuangan ini. Demikian pula, merek dagang dan servicemarks mungkin merupakan semacam entry barrier untuk produk atau jasa tertentu jika pasar didominasi oleh satu atau beberapa nama terkenal sedikit.

Investasi  ® Itu terutama di industri dengan skala ekonomi dan / atau monopoli alam .

efek Jaringan  ® Bila atau pelayanan yang baik memiliki nilai yang tergantung pada jumlah pelanggan yang sudah ada, maka pemain bersaing mungkin mengalami kesulitan dalam memasuki pasar dimana perusahaan yang didirikan telah menangkap basis pengguna yang signifikan.

Predator harga  ® Praktek sebuah perusahaan yang dominan menjual bingung untuk membuat persaingan lebih sulit bagi perusahaan-perusahaan baru yang tidak dapat menderita kerugian tersebut, sebagai perusahaan yang dominan besar dengan garis besar atau kas cadangan kredit dapat. Hal ini ilegal di kebanyakan tempat, namun, sulit untuk membuktikan Lihat. antitrust . Membatasi praktik, seperti perjanjian angkutan udara yang membuat sulit bagi maskapai penerbangan baru untuk mendapatkan slot mendarat di beberapa bandara .

Penelitian dan pengembangan  ® Beberapa produk, seperti mikroprosesor , memerlukan investasi dimuka yang besar dalam teknologi yang akan menghalangi pendatang potensial.

Supplier perjanjian  ® perjanjian Eksklusif dengan link kunci dalam rantai pasokan dapat membuat sulit bagi produsen lain untuk memasuki suatu industri.

Biaya tenggelam  ® Sunk biaya tidak dapat dipulihkan jika perusahaan memutuskan untuk meninggalkan pasar. Tenggelam biaya sehingga meningkatkan resiko dan mencegah entri.

Switching hambatan  ® Kadang-kadang, mungkin sulit atau mahal bagi pelanggan untuk beralih provider

Integrasi vertikal  ® perusahaan cakupan A dari lebih dari satu tingkat produksi, sementara mengejar praktek yang mendukung operasi sendiri pada setiap tingkat, sering dikutip sebagai entry barrier

 

V. Perusahaan Multinasional.

Perusahan multinasional dapat digambarkan secara umum adalah perusahaan yang memiliki assets di dalam negeri maupun luar negeri dan memiliki cabang-cabang di negara lain (bukan negara asal perusahaan). Selain itu dapat dikenal sebagai Transisi atau Internasional corporation (TNC atau INC).

Sumber :

http://intannurliahtirta.ngeblogs.info/2010/11/13/bisnis-internasional/

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.marketingteacher.com/lesson-store/lesson-international-modes-of-entry.html

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Barriers_to_entry

http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&u=http://ezinearticles.com/%3FMultinational-Companies-(MNCs)-Defined%26id%3D5171192&rurl=translate.google.co.id&twu=1&usg=ALkJrhj1_zbZrREH_MKKRH81qyFInU03Cg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s