Mengapa harga Emas terus meningkat?

Dalam kurun waktu yang terhitung 3 tahun belakangan ini harga Emas terus mengalami kenaikan. Berdasarkan info di internet kenaikan 3 tahun belakangan ini sudah mencapai 26 persen per Troy (satuan emas) Bahkan di tahun 2011 harganya sudah mencapai 1.920 US per Troy. Bagaimana bisa terjadi seperti itu? Jika saya pikir-pikir lagi penyebab utamanya adalah karena emas memiliki tingkat inflasi sebesar 0 persen maka dari itu emas menadapat gelar zero inflation terus meningkat nilainya di dunia. Lalu mengapa emas bisa mencapai zero inflation Karena emas itu barang langka yang sulit diperoleh sehingga nilainya selalu sama bahkan terus meningkat jika peminatnya semakin banyak dan itu selalu dicari oleh para investor karena para investor menganggap bahwa emas itu sarana yang aman untuk mengamankan dana mereka dari Inflasi mata uang negara mereka. Pada dasarnya itu terjadi karena kenaikan harga emas karena perekonomiaan dunia beberapa tahun belakangan ini tidak stabil dan tidak dapat dipastikan sehingga para investor menanamkan dana mereka kepada emas yang selalu mempunyai nilai stabil dari zaman ke zaman. Oke langsung saja ke topik yang sesuai judul artikel ini. Ada beberapa Faktor yang menjadi penyebab Naiknya Harga emas antara lain:

  1. Ulah Para Spekulan yang menggunakan dana mereka untuk memborong emas secara banyak sehingga harganya melambung tinggi seiring dengan kenaikan permintaan emas karena permintaan mereka.
  2. Sumber daya emas yang langka dan permintaan yang tinggi sehingga pasokan tidak mencukupi permintaan konsumen.
  3. Emas merupakan sarana bagi investor yang menginginkan investasi aman dan resiko kecil dalam menyimpan uang yang dimilikinya.
  4. Penyebab lainnya adalah kondisi keuangan negara. Apabila kondisi keuangan negara memburuk atau krisis maka harga emas pun akan meningkat, namun akan kembali stabil setelah perekonomian negara kembali normal. Contoh nyatanya Kejadian Krisis Moneter tahun 1997-1998 di Indonesia.
  5. Kondisi Politik suatu negara mempengaruhi harga emas secara lokal. Dimana harga emas akan terus meningkat saat kondisi politik tidak stabil karena kondisi  itu akan menicu para investor untuk memborong emas.
  6. Adanya negara yang menjadikan emas sebagai cadanga devisa negara. Emas yang dibeli oleh Negara sebagai cadangan devisa tentu akan mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap emas. Apabila permintaan meningkat maka harganya pun akan meningkat.

 

Jadi pada dasarnya hal yang mengakibatkan emas naik terus adalah Tingginya permintaan konsumen, Bahkan permintaan melampaui stock emas yang ada. Mengapa permintaan tinggi? Karena emas memiliki zero inflation rate dan dipercaya oleh banyak orang sebagai sesuatu yang stabil dan nilainya tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi.

Sekian artikel saya kali ini semoga membantu. Terima kasih sudah membaca.

Jika ingin Copas harap menyertakan URL nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s