Investasi dan Penanaman modal

Pada artikel kali ini penulis akan membuat artikel mmengenai Investasi selain itu penulis akan menjelaskan peran investasi dalam meningkatkan PNB (Pendapatan Nasional Bruro).

Pertama-tama saya akan mejelaskan pengertian Investasi.  Sering kali kita mendengar orang menyebt kata Investasi, “Ia saya mau Investasi di bidang Industri tekstil loh, katanya Bidang investasi ini akan mempunyai prospek yang cerah beberapa tahun kedepan, bagaimana? Kamu mau ngak investasi dibidang ini?”. Yah seperti itulah Investasi, Investasi dilakukan oleh pihak yang kelebihan dana atau memiliki Idle money yang kemudian ingin dimanfaatkan agar dapat memberikan hasil, yaitu dengan menanamkan dananya sebagai Injeksi terhadap perusahaan. Lalu pihak yang membutuhkan dana untuk memperluas bidang produksinya akan melakukan expansi atas dana tersebut. Pihak penyedia dana disebut sebagai Investor, Para Investor tersebut akan memperoleh keuntungan dari laba perusahaan yang sering disebut Deviden. Bagi Investor yang menanamkan modal pada perusahaan yang sudah go public alias perusahaan Terbuka (Tbk.) mempunyai peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih yaitu dari capital gain, selisih dari penjualan dan pembelian, Apabila nilai penjualan > dari nilai pembelian maka akan diperoleh untung yang disebut Capital Gain, sedangkan bila Nilai penjualan < Nilai pembelian maka diperoleh Rugi atau Capital Loss.

Jadi dapatkan anda merumuskamn pengertian Investasi secara Teoritis sekarang??

Investasi adalah  Penanaman Modal atas suatu aktiva atau harta atau asset baik dalam bentuk  asset rill atau asset financial, dengan tujuan memperoleh keuntungan atau mendapat kompensasi di masa mendatang.

Bidang atau cakupan dari Investasi.

Dalam berinvestasi Investor mempunyai pilihan yaitu menggunakan kelebihan uang dalam penanaman investasi berupa rill asset atau financial asset.  Apabila anda sebagai Investor memilih menanamkan modal anda dalam rill assets maka anda melakukan transaksi penginvestasian dalam bentuk harta tetap seperti Tanah, Rumah. Contohnya anda membeli Ruko di perumahan Tanjung barat Indah dan anda menyewakannya maka setiap bulan anda memperolleh penghasilan. Dalam kasus ini anda sebagai investor melakukan investasi  di bidang Investasi berupa rill assets. Lalu bagaimana dengan Financial Assets. Apabila anda memilih Investasi di bidang Financial assets berarti anda menanamkan modal anda di bidang keuangan. Dalam hal ini saya berikan contoh penggunaan Idle Money anda untuk berinvestasi saham di Bursa efek atau Pembelian Forex di Lembaga keuangan tertentu.

Lalu apa hubungan Investasi dengan Pendapatan Nasional Bruto?

Pertama-tama kita harus tahu dulu definisi dari Pendapatan Nasional. Jadi Pendapatan Nasional adalah Jumlah pendapatan yang diterima oleh faktor-faktor produksi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu. Lalu bagaimana dengan pendapatan nasional Bruto, Apa itu pendapatan nasional bruto? Pendapatan nasional bruto adalah Pendapatan nasional yang masih meliputi depresiasi atau penyusutan atas barang modal yang dipergunakan untuk mendapatkan pendapatan nasional.

Investasi yang dilakukan Investor akan memicu tumbuhnya usaha-usaha karena tersedianya modal dalam menjalankan usahanya, dengan adanya usaha baru didirikan, tingkat produksi akan meningkat, kemudian tenaga kerja juga akan meningkat dengan meningkatnya tenanga kerja maka pendapatan masayarakat juga bertambah.  Kurang lebih begitulah konsepnya menurut saya. Jika dirangkum maka hubungan Investasi dengan Pendapatan nasional adalah sbb:

INVESTASI meningkat à PRODUKSI Meningkat à Permintaan TENAGA KERJA meningkat à PENDAPATAN NASIONAL meningkat à Hasilnya Tingkat kemakmuran bertambah dan Kehidupan karyawan bertambah baik J

Sekian bahasan Penulis kali ini tentang Investasi dan Hubungannya dengan Pendapatan nasional bruto.

Apabila ingin copas harap sertakamn link kami, Kritik dan saran sangat diharapkan Tinggal Comment saja diartikel ini.. Terima kasih dan Enjoy reading🙂

2 thoughts on “Investasi dan Penanaman modal

    • Contohnya tuh pemalsuan surat berharga yang diterbitkan. Misalnya komoditas emas itu sekarang diperdagangkan tanpa lihat fisiknya. cukup bukti surat kepemilikan emasnya. dan itu disalah gunakan jadinya banyak yang nerbitin surat padahal ga ada emas rillnya. Jadi itu kasus udah kayak penipuan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s