Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat

Kelas/NPM     : 2EB01 / 24211301

Tugas 4 softskill “Ekonomi koperasi”

Judul               : “Bagaimana Mensosialisasikan Koperasi kepada Masyarakat”

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai sosialisai koperasi kepada masyarakat. Pada kesempatan sebelumnya penulis sempat menulis beberapa artikel mengenai koperasi, dimana dalam artikel tersebut sedikit banyak penulis sempat membahas mengenai strategi dalam mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat. Pada artikel ini Penulis akan membahas lebih mendalam mengenai cara-cara mensosialisaikan koperasi kepada publik atau masyarakat.

Seperti yang sudah kita ketahui Koperasi akan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kesejahteraan masyarakat apabila koperasi dijalankan dengan baik. Namun pada saat ini kondisi perkoperasian indonesia tidak baik, Dimana banyak koperasi yang tidak aktif lagi atau terbengkalai. Menurut penulis hal tersebut dikarenakan koperasi tidak mendapatkan perhatian masyarakat dan membuat koperasi kurang dikenal atau kurang akrab dimata publik. Jadi point pertama yang harus dilakukan dalam rangka mensosialisasikan koperasi kepada publik adalah dengan menambah relasi dengan publik.

Cara yang dapat dilakukan dalam rangka melakukan ramah tamah dengan publik adalah mendatangi setiap RT atau Minimal RW dari setiap daerah, Diamana koperasi yang dibangun didaerah tersebut akan memberikan perwakilan yang menjelaskan mengenai koperasi kepada warga. Pada saat melakukan sosialisasi tersebut perwakilan koperasi dapat menawarkan keanggotaan koperasi kepada masyarakat. Melakukan Sales promotion kepada masyarakat atas koperasi dan menjelaskan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh apabila menjadi anggota koperasi. Dengan begitu masyarakat akan lebih mengenal koperasi dan memiliki minat yang lebih terhadap koperasi. Cara yang ini merupakan salah satu cara memsosialisasikan secara langsung. Menurut penulis cara ini lebih efektif karena anggota koperasi terlibat langsung dalam mensosialisasikan dan dapat mengetahui respon publik secara langsung, dan dapat menentukan tindakan selanjutnya apabila respon publik kurang baik. Namun Promosi secara langsung seperti penataran langsung kepada warga merupakan cara yang lebih efektif untuk mendapatkan perhatian Publik, dengan syarat tenaga atau perwakilan koperasi yang melakukan penyuluhan harus dapat membawa suasana dan menarik dalam mempresentasikan koperasi kepada publik.

Selain itu Koperasi dapat melakukan Promosi koperasi melalui media-media massa. Walaupun memakan biaya yang cukup besar namun peranan media massa sangatlah besar dalam mensosialisasikan informasi koperasi kepaada publik. Koperasi dapat memasang Iklan di televisi yang menjelaskan secara singkat mengenai daya atau kemampuan koperasi dalam mensejahterakan masyarakat. Keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh. Bahkan dapat mengiklankan anggota koperasi yang sudah sejahtera karena bergabung dengan koperasi. Selain media televisi Koperasi juga dapat mencetak brosur atau leafet mengenai koperasi dan produknya yang akan diperkenalkkan kepada masyarakat.

Saat ini Internet merupakan media yang cukup efektif untuk mempromosikan koperasi kepada publik secara global atau menyeluruh, terutama untuk menarik anak muda. Karena anak muda lebih aktif di Internet dibandingkan media komunikasi lainnya. Selain iklan tersebut lebih awet dan menarik biaya yang dikeluarkan untuk promosi lewat internet relatif lebih minim dibandingkan dengan media lainnya. Sehingga mengapa tidak menjadikan Internet sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi dengan masyarakat. Internet akan sangat berguna untuk promosi koperasi.

Selain itu Cara lain yang dapat dilakukan dalam rangka mempromosikan koperasi kepada masyarakat adalah dengan melakukan cetak brosur produk-produk koperasi dan memberikan akses yang lebih mudah kepada publik untuk mengetahui internal koperasi. Memasang spanduk atau pamflet saat koperasi melakukan launching ataupun promosi atas produk-produknya.

Beberapa cara efektif lainnya adalah melakukan kerja sama dengan organisasi lainnya atau menambah relasi dengan organisasi lain. Sehingga Koperasi dapat aktif dan dikenal oleh lembaga lain. Dengan menambah relasi selain kepada publik atau masyarakat, membuat relasi dengan organisasi lain juga penting karena dengan demikian akses koperasi terhadap umum akan lebih luas. Seperti kerja sama dengan bank atau unit dagang lain.

Hal-hal  tadi merupakan cara-cara yang dapat dilakukkan dalam rangka mensosialisasikan koperasi agar lebih akrab dengan masyarakat. Namun bagaiman kita mensosialisasikan itu dengan efektif? Bagaimana agar itu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan? Tentu saja kita memerlukan modal-modal yang akan menjadi Input kita. Beberapa faktor yang harus dimiliki koperasi dalam memasarkan koperasi akan penulis bahas dibawah ini.

Salah satu hal penting yang diperlukan koperasi dalam rangka mensosialisasikannya kepada masyarakat adalah dana. Dimana menurut penulis saat ini koperasi kekurangan dana untuk perputaran modal koperasi sehingga beberapa koperasi tidak dapat beraktifitas lagi. Oleh karena itu saat ini koperasi embutuhkan dukungan dari berbagai pihak eksternal terutama pemerintah, Karena koperasi merupakan sarana publik yang seharusnya mendapat asupan dana dari pemerintah untuk perputaran modal koperasi. Apabila perkoperasian sudah memiliki dana yang cukup, Dibutuhkan pengolahan yang baik sehingga sistem pengolahan koperasi menjadi sehat dan baik. Agar menghasilkan output yang sehat dan koperasi dapat berkembang pesat. Jadi dapat disimpulkan koperasi apabila ingin mensehatkan perekonomian masyarakat harus mensehatkan badan organiasinya dulu, Kalau perekonomian koperasi sendiri belum kuat bagaimana dapat memajukan perekonomian masyarakat dan mensejahterakan masyarakat. Intinya adalah tanpa dana atau uang yang kuat maka segalanya tidak dapat berjalan.

Selain hal tersebut yang dibutuhkan koperasi untuk mensosialisasikan koperasi kepada masyarakat adalah Sumber daya yang terampil dan fresh. Dimana sumber daya yang dibutuhkan koperasi harus memiliki jiwa besar, yang bersedia melayani masyarakat lewat koperasi. Sehingga mereka bekerja benar-benar untuk memajukan koperasi ini, bukan untuk kepentinggan pribadi saja atau hanya untuk mendapat gaji. Apabila koperasi memiliki SDM yang tangguh dan dapat memiliki inisiatif atau inovasi untuk memajukan koperasi, maka koperasi akan mampu bersaing dengan unit sejenis lainnya.

Hal lain yang diperlukan adalah manajemen yang baik terhadap koperasi. Penentuan tujuan koperasi dan bagaimana cara mewujudkan tujuan tersebut. Hal-hal itu akan sangat berpengaruh pada koperasi kedepannya. Manajemen merupakan pengaturan atau perencanaan kedepannya dari apa yang direncanakan, dengan perencanaan yang baik maka hasil yang akan diperoleh pun akan maksimal. Oleh karena itu dipelukan perencanaan atas koperasi yang jelas. Selain perencaaan kegiatan koperasi dibutuhkan juga manajemen atas struktur koperasi yang sehat dan baik. Selain itu keuangan koperasi pun harus di atur dengan baik agar nantinya tidak kehabisan dana untuk perputaran modal kedepannya.

Beberapa manajemen terhadap koperasi tersebut yang paling mencolok bagi saya adalah manajemen terhadap Sumber Daya Manusia yang mengelola koperasi tersebut. Karena walaupun memiliki sumber daya yang terampil dan baik. Namun tidak memiliki manajemen yang baik terhadap SDM maka SDM tersebut tetap akan berakhir sis-sia. Karena mereka tidak memiliki peraturan yang mengatur mereka dalam bekerja. Selain itu penempatan Sumber Daya Manusia yang salah apabila manajemen Sumber Daya Manusianya tidak baik juga dapat terjadi. Misalnya tenaga yang ahli di bidang keuangan ditempatkan dibagian promosi maka yang terjadi adalah hasil kerja mereka tidak maksimal. Namun dengan manajemen Sumber Daya Manusia yang baik maka penempatan Sumber Daya Manusia akan tepat dan hasil kerja akan maksimal. Selain itu proses perekrutan atau pemilihan calon karyawan juga tidak akan salah.

Sekilas bahasan mengenai sosialisasi kepada masyarakat. Dimana dapat diambil kesimpulan banyak sarana yang dapat digunakan dan banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka memperkenalkan koperasi lebih dalam kepada masyarakat. Namum karena penggunaannya kurang efektif maka Perkoperasian kurang dikenal dimata publik. Sekian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s