cloud computing

Tulisan untuk softskill

Cloud Computing

            Apa itu Cloud Computing atau yang sering kita dengar sebagai komputasi awan? Bagi orang awam yang tidak mengenal cloud computing pasti tidaklah tahu mengenai cloud computing, Padahal cloud computing sangat bermanfaat dalam bisnis karena selain meminimalkan biaya masih banyak keunggulan yang lain. Saya membuat tulisan ini dengan harapan agar lebih banyak orang yang paham mengenai kecanggihan tekhnologi ini dan lebih baik lagi jika tahu bagaimana menerapkannya.

            Jadi apa itu cloud computing? Saya bahas sekilas saja. Cloud computing merupakan teknologi yang memanfaatkan internet untuk menyimpan dan membuat virtual machine/ mesin semu serta Operating sistem dan Server virtualnya.

            Teknologi ini dinamai cloud computing atau komputasi awan karena menggunakan internet sebagai pokok utamanya. Sedangkan Internet selalu digambarkan sebagai Awan besar yang mengkoneksikan beberapa komputer yang terhubung.

Menurut makalah yang dipublikasi IEEE Internet Computing pada tahun 2008, Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Dengan kata lain, dapat dikatakan Cloud Computing adalah Sistem komputerisasi dengan menggunakan Internet yang sumber daya, software, informasi serta aplikasi disediakan dalam server virtual agar dapat digunakan di komputer lain. Cloud computing sering dikenal sebagai marketing hype atau jargon marketing.

Virtualisasi Merupakan pembuatan sesuatu yang asli atau punya fisik menjadi semu atau tidak terlihat, Misalnya Sistem Operasi, Perangkat penyimpanan data. Menurut Harry Sufehmi dalam “Pengenalan virtualisasi” Terdapat beberapa jenis virtualisasi yaitu:
1. Network Virtualization : VLAN, Virtual IP (untclustering), Multilink
2. Memory Virtualization : pooling memory dari node-node di cluster
3. Grid Computing : banyak komputer = satu
4. Application Virtualization : Dosemu, Wine
5. Storage Virtualization : RAID, LVM
6. Platform Virtualization : virtual computer

Virtualisasi adalah pembuatan versi virtual (Semu atau maya bukan aktual) dari semua sumber data Teknologi dan Informasi seperti Operating sistem, server, Software, Storage atau sumber daya jaringan.

 

Penggunaan Virtual cloud computing akan memungkinkan user menempatkan aplikasi atau sistem operasi dalam internet tanpa mengelolanya secara internal. Contohnya: Amazon EC2 (Amazon Elastic compute cloud). Amazon menuyediakan Komputer induk dan kita akan mendapatkan sistem virtual dalam jangka waktu ttn, yg kita sewa(karena ini berbayar). Contoh yang untuk public dan gratis seperti layanan google ( Google spread sheet dan Google docs.

Dengan menjalankan aplikasi cloud computing Users tidak perlu menginstall program di dalam komputer atau hardware karena software dan operatig sistem atas aplikasi tersebut sudah terinstall di server virtual dan akan terpasang saat aplikasi dijalankan. Selain itu aplikasi dapat digunakan oleh banyak users secara bersamaan tanpa terikat tempat atau lokasi.

Image

Ilustrasi Cloud Computing

Sekian bahasan mengenai cloud computing, saya harap agar masyarakat lebih memahaminya, lebih tertarik dan lebih memaksimalkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s