“Langkah-langkah installasi Ubuntu”

Saya akan menjelaskan langkah-langkah installasi Ubuntu 10.10.

Sebelum memnginstal Ubuntu Hardware anda harus memiliki spesifikasi paling tidak sebagai berikut:

  1. Processor minimal 1GHz (Pentium 4 atau yang diatasnya)
  2. RAM 1 GB
  3. HDD 4,4 GB
  4. Resolusi kartu grafik 1024×768
  5. Sound card
  6. Koneksi internet

Untuk memperoleh software Ubuntu OS dapat di:

  1. download di URL http://www.ubuntu.com/download/
  2. Salinan CD Ubuntu 11.10
  3. Menjalankan ubuntu lewat Windows

Setelah bahan-bahan siap, Maka Ubuntu siap diinstal dalam Komputer anda, Prosesnya sebagai berikut:

  1. Masukan CD Ubuntu 10.10, setelah itu reboot komputer anda dan ubah setting BIOS Komputer anda agar menggunakan CD/DVD sebagai media Booting pertama kali.
  2. Setelah itu maka akan muncul Interface “Welcome”.

Pada interface Welcome memungkinkan anda melakukan 2 Opsi yaitu:

1. Pilihan “Try Ubuntu” Fungsinya untuk memeriksa perangkat yang kita gunakan apakah Ubuntu dapat berjalan baik apabila diinstall pada komputer kita. Apabila kita memilih menu ini kita akan ditampilkan seakan-akan ubuntu sudah terpasang di hardware kita padahal Ubuntu belum diinstall.

2. Apabila anda memilih “Install Ubuntu” maka Anda akan langsung menginstall ubuntu dan menjalankannya proses penginstallan pada hardware anda. Jangan lupa pilih bahasanya “Bahasa Indonesia” Indonesia saja yang sudah sering dipakai masyarakat kita. Setelah selesai pilih “Continue”.

  1. Maka akan muncul Interface baru yaitu “Install”:

Dalam Interface Install Pastikan sudah muncul ceklist pada persyaratan-persyaratan yang ada. Pengumunan yang pertama isinya Hardware anda sudah memnuhi spesifikasi untuk menginstall ubuntu (Hard Disk). Pemberitahuan yang kedua isinya Daya baterai pada komputer atau daya listrik yang mengalir pada hardware anda terpasang. Tujuannya agar pada saat pengistallan tidak diberhentikan karena daya listrik terputus. Pemberitahuan yang ketiga adalah komputer anda terhubung dengan jaringan Internet. Setelah selesai Klik “Forward”, Maka akan muncul Interface “Install” yang kedua.

  1. Install 2 –> “Allocated Drive Space” Pilihan ini untuk menentukan cara penyimpanan Ubuntu yang diinstall, Ada tiga Opsi yang masing-masing berbeda, Yaitu:

1. Pilih yang ini jika anda mau mengistall Ubuntu pada Partisi baru, Jadi Operating Sistem yang lama masih ada dan bisa dijalankan juga. Dengan kata lain nanti anda punya 2 OS. Misalnya pertama anda mempunyai OS Windows kemudian anda ingin menginstall Ubuntu tanpa menghapus OS Windows anda, Maka anda Pilih yang ini.

2. Pilih yang ini apabila anda ingin menginstall Ubuntu saja. Maksudnya Menggunakan Partisi Lama dan tidak membuat Partisi baru. Apabila menginstall pada komputer baru hal ini tidak menjadi permasalahan namun apabila memakai partisi lama data-data harus dibuat duplikatnya dulu sebelum menggunakan partisi ini karena semua data lama akan dihapus (ditimpa) dengan data baru.

3. Pilih yang ini untuk membuat atau mengecilkan ukuran partisi anda atau membuat multi partisi pada Ubuntu. Jadi dapat diatur sesuai keinginan kita apabila ada data tertentu dalam partisi berbeda yang tidak ingin kita hapus.

  1. Jika kita memilih Langkah ketiga maka akan muncul Interface untuk Pengaturan memori harddisk:

Jika partisi masih kosong maka kita hanya perlu membuat atau membagi partisi dari harddisk kita untuk digunakan dalam menyimpan data dan menginstall Operating Sistem dan Software aplikasi. Caranya pilih Free Space dan pilih “Add”.

Pada Type for the new partition pilih “Primary” pada “New partition Size in megabytes” Isikan ukuran partisi yang akan dibuat. Minimal untuk menginstal Ubuntu adalah 2,5 MB tapi kita isikamn saja 7000 karena akan menyimpan program lain untuk diinstall. Dalam Ubuntu sebuah Harddisk dikenali dengan cara yang berbeda dari Windows, Sistem Mount Point sehingga file linux/unix lebih fleksible. Saya contohkan misalnya dalam Windows partisi dibagi kedalam beberapa Drive, Misalnya Drive C Biasanya Untuk Program, Drive D untuk menyimpan data-data Users. Menurut Ubuntu data akan dikenali sebagai /dev/sda dimana Ubuntu menganggap Partisi telah terbagi kedalam 3 bagian yaitu /dev/sda1 (System Reserved), /dev/sda2 (Drive C), dan /dev/sda3 (Drive D).

Lalu pada bagian Use as: Pilih Ext4 journaling File System yang merupakan pengembangan dari Ext2 dan Ext3. Terakhir Pada opsi Mount Point pilih “/” Lalu pilih “OK”. Dan Partisi “/” telah terbuat. Lalu buat lagi Partisi “/Home” Caranya pada Free space pilih “add” dan selanjutnya sama seperti cara yang tadi hanya saja ubah Ukurannya menjadi saldo akhir megabyte tersisa dalam HardDisk anda, disini saya pakai 2000MB. Dan pada Mount Point Isikan “/Home” Lalu “OK”. Sekarang anda Punya Partisi “/” dan “/Home”.

 

  1. Setelah Itu Pilih Lokasinya dan “Install Now”. Interface selanjutnya adalah:
  2. Lokasi Kita. isikan Lokasi kita berada sekarang. Saya Isi “Jakarta” karena saya dijakarta jadi waktunya pun dapat sesuai. setelah selesai pilih “Forward” maka muncul interface baru.
  3. Interface Selanjutnya adalah “Keyboard Layout”, Jika tidak mau pilih biarkan saja menjadi “Default”. Setelah itu pilih Forward sehingga muncul Interface baru.
  4. Interface setelah keyboard layout adalah Who Are You? Isinya Informasi Pribadi user.
  5. Setelah selesai diisi semua pilih “Forward” Setelah Itu Ubuntu akan menyalin data yang diperlukan kedalam partisi yang tadi anda buat.

Setelah selesai Interface selanjutnya adalah Pilih Restart Now dan anda dapat menggunakan Ubuntu yang sudah terpasang dalam Hardware anda. Jangan Lupa keluarkan CD/DVD Installer Ubuntunya dari Komputer anda.

Hanya itu yang dapat gw share, semoga bermanfaat. thanks for reading dan kalau mau copas setrakan link blog saya yaaa…😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s