WAJAH HUKUM DI INDONESIA

 

Selamat jumpa lagi dalam bahasan kali ini. Pada kesempatan ini saya akan menulis sedikit mengenai kondisi hukum Di Indonesia. Sebelum kita memasuki bahasan utama yaitu keadaan lingkungan perhukuman di negara ini. Ada baiknya kita tahu dulu, apa sih pengertian hukum itu sendiri? Hukum merupakan peraturan yang dibuat dan telah disepakati oleh pembuat dimana peraturan tersebut akan ditaati bersama dan pelaku siap menerima konsekuensinya jika melanggar peraturan yang telah disepakati tersebut. Sangat jelas sekali, bahwa hukum merupakan sebuah peraturan yang telah dibuat bersama, disepakati bersama, dan diterapkan bersama. Namun semakin kedepan, manusia semakin cerdas dan nakal karena ingin melanggar peraturan namun tidak mau menerima resiko atau hukumannya.

Pada awalnya yang mendasari sebuah hukum terbentuk adalah manusia tersebut ingin mencapai suatu kondisi yang diinginkan, namun karena banyak godaan yang membuat situasi tersebut tidak terlaksana. Maka dari itu dibuatlah sebuah sarana yang dapat mengatur manusia agar keadaan tersebut tercapai yaitu hukum. Dari sini kita dapat mengerti tujuan dari dibuatnya sebuah hukum. Tujuannya adalah menjaga sebuah kondisi tetap sesuai keinginan, kondisi seperti apa? Yaitu kondisi yang tentram, aman, dan terlaksana sesuai dengan prosedur.

Yah, memang seperti itu hukum. Mebuat segala hal menjadi safety tanpa sebuah kerancuan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, manusia terus berevolusi, menjadi semakin cerdas dan mengungguli hukum tersebut. Sampai hukum tidak dapat berbicara ataupun mengatur mereka lagi. Jadi apakkah kondisi tersebut sudah terjadi di negara kita??? Harapan saya sih jangan sampai seperti itu ya..

Oke, saya kira cukup untuk permulaannya. Sekarang kita masuk ke dalam topik utama kita yaitu mengenai seperti apa kondisi hukum di Indonesia. Kalau bicara mengenai hal ini, tidak perlu membuka buku dulu karena jawabannya tidak ada di buku, tapi lihatlah ke dalam lapangan. Apa yang terjadi dengan hukum di Indonesia. Seperti yang kita ketahui hukum indonesia sudah maju, dari yang tadinya diatur berdasarkan pimpinan dan diberlakukkan per wilayah kekuasaanya. Sekarang sudah lebih modern diatur dalam sebuah susunan kerangka dasar negara, yaitu Undang-Undang Dasar. Dari dasar inilah terbentuk hukum-hukum lain yang mengatur bagaimana manusia indonesia harus bersipkap dan berbudhaya.

Hukum Indonesia secara tertulis sudah sangat bagus dan sangat rapih. Segala hal telah diatur, agar manusia Indonesia menjadi seseorang yang bersikap bijak, baik, dan berbudi pekerti. Namun saat ini manusia lebih memilih untuk hidup secara bebas tanpa diatur oleh sebuah hukum atau pun peraturan. Mengapa? Padahal kan sudah ada hukumannya? Kok masih berani melanggar hukum sih? Nekat banget deh? Karena pada prakteknya beberapa manusia di Indonesia sudah kebal hukum. Mereka sudah punya penagkalnya. Apa itu? Uang dan kekuasaan…..

Menurut saya hukum diIndonesia secara tertulis sudah bagus dan akan sangat mendidik jika dilakukan secara benar. Namun karena pelaksanaannya yang tidak baik, maka hukumnya pun menjadi tidak baik. Di Indonesia saya melihat bahwa hukum hanya berlaku bagi “wong cilik”. Mereka yang disebut wong cilik ini kalau melakukan kesalahan yang kecil saja hukum sudah akan bertindak, Tapi bagaimana dengan orang-orang berkekuasaan dan memiliki banyak uang. Wah mereka malah tambah subuh dengan hukum di Indonesia.

Kenapa? Mari kita lihat kasus para pejabat Indonesia yang sudah menjadi koruptor. Jika kita menilai kesalahan mereka sangat besar dan efeknya itu menyebar luas ke semua pihak. Akibat ulah mereka yang menggunakan uang negara untuk kepentingan pribadi atau pun menimbun kekayaan. Banyak rakyat yang semakin kesusahan dari segi ekonomi. Pajak yang rakyat bayar kepada megara menjasi 40% pendapatan negara. Rakyat yang membayar pajak kepada pemerintah boleh dikata mengumpulkannya saja sudah dengan keringat darah. Setelah terkumpul, harapannya adalah digunakan pemerintah dengan bijak, untuk subsidi ke yang kurang mampu, untuk menambah fasilitas umum, membiayai pendidikan dan banyak lagi. Kecewanya adalah uang tersebut dikorupsi. Sayang sekali yah. Kalaupun koruptor sudah disidik dan tertangkap, mereka pun hanya dihukum kurungan di penjara. Penjaranya pun pakai Air Conditioner_Katanya. Lalu setelah mereka keluar dari penjara, enak sekali tinggal menikmati uang tersebut yang jumlahnya tak terhitung. Oh ia masih lanjutan dari efek pada kasus ini, Korupsi yang membuat perekonomian rakyat melemah, dan hukum yang masih melambai dalam pelaksanaanya membuat rakyat yang tidak cerdas dan mengandalkan kekuatan terdorong untuk berbuat kriminalitas. Sehingga tingkat kriminalitas dari negara akan meningkat. Buktinya lihat saja setiap kali naik angkutan umum atau melihat berita di televisi. Para kriminal semakin kejam dan bertebaran dimana-mana.

Sekarang kita melihat pada sisi orang yang tidak mampu, Hukum akan sangat terasa bagi mereka. Contohnya pada kasus seorang nenek yang mengambil buah coklat yang jatuh dari pohon dikebun sebuah perusahaan cokelat. Sangat sulit bagi nenek itu untuk menghindari hukum. Beliau tetap dikenakan sanksi hukum yaitu penjara karena mengambil buah coklat yang jatuh dari pohon.

Seperti inilah gambaran hukum di Indonesia, menurut saya masih sangat berantakan dan butuh dibenahi dengan ketegasan tanpa memihak atau pun memberikan keuntungan bagi pihak tertentu. Menurut saya, seharusnya hukum ini mengubah pola pikir manusia yang akan menjadi pemimpin negara ini nantinya, supaya menjadi orang baik dan memang ingin memajukan negara bukan menguasai negara. Namun saat ini hukum hanya memberikan sangsi kepada pelaku dengan hukum yang dapat menerima berbagai alibi dari pihak yang mereka nilai berdasarkan standarnya tersendiri.

Dengan kata maaf saya akhiri tulisan ini, tanpa menyinggung pihak-pihak yang merasa tersinggung. Harapan saya sebagai masayarkat indonesia adalah pemerintah harus menggunakan petugas yang benar-benar ingin memajukan negara dan membela pihak yang benar. Memberikan hukum yang tegas dan jelas tanpa megecualikan pihak siapa pun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s