Andai aku menjadi menteri perekonomian

          Pada artikel kali ini penulis akan berkhayal, seandainya saya bisa menjadi menteri perekonomian, dengan kekuasaan atau hak yang saya miliki apa yang akan saya lakukan. Kalau beriming-iming seperti itu rasanya sehari pun tidak akan cukup, karena apabila saya menjadi menteri perekonomian maka saya dapat memegang alih perekonomian negara. Sehingga saya dapat mengarahkan kemana perekonomian akan berjalan, apakah akan datar-datar saja, akan memuncak, atau turun ke jurang.

          Dalam bahasan ini saya akan berkomentar dan mencari solusi semampu saya mengenai permasalahan perekonomian di Indonesia pada saat ini, sehingga pada artikel ini kita akan banyak berandai-andai jika kita menjadi seorang menteri perekonomian. Dalam menjalankan tugasnya banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh menteri perekonomian namun pada dasarnya tujuan pokok yang harus dicapai adalah bagaimana membuat perekonomian stabil dalam pertumbuhannya.

          Jika Kita membicarakan mengenai ekonomi, ekonomi merupakan sesuatu yang kompleks dan menyebar luas, dimana sebuah tindakan yang diambil oleh mentri perekonomian akan memberikan efek kepada banyak hal maupun pihak. Jadi dalam mengambil keputusan tentunya menteri perekonomia harus memikirkannya dengan baik-baik.

          Sekarang kita masuk ke dalam kreasi kita, jika seandainya kita menjadi menteri perekonomian. Akan banyak sekali hal yang ingin saya lakukan. Dalam hal ini saya akan melihat terlebih dulu seperti apa kondisi perekonomian indonesia. Pada saat ini saya tidak dapat berbicara banyak karena ini mengenai hal yang sangat sensitif, dan saya hanya dapat melihat secara garis besarnya saja. Apabila kita melihat kondisi perekonomian indonesia. Saya merasa perekonomian kita masih sangat jauh dari sukses, dengan alasan tingkat kemakmuran warga negara Indonesia masih sangat rendah, selain itu produksi Indonesia kurang maksimal sehingga masih sangat mengandalkan hasil produksi luar negeri. Masalah lainnya yang akan menjadi sorotan bagi saya adalah penyebaran hasil produksi dan pendapatan yang tidak rata, sehingga tingkat inflasi di masing-masing daerah berbeda-beda.

          Jadi apabila saya menjadi menteri perekonomian saya akan lebih fokus kepada pemaksimalan produksi dalam negeri serta penyebaran penghasilan dan hasil produksi yang merata di masing-masing propinsi di Indonesia. Tujuannya adalah agar kita dapat memaksimalkan hasil produksi dalam negeri, yang akan memiliki efek pada meningkatnya pendapatan nasional masyarakat dalam negeri, dengan demikian maka tingkat kemakmuran masyarakat akan meningkat karena daya beli bertambah, selain itu apabila kita melihat efeknya secara internasional, dengan kita memproduksi sendiri kebutuhan kita maka kita akan menurunkan nilai import barang ke dalam negeri yang akan memiliki efek yaitu menjaga kestabilan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Akan menjadi lebih baik lagi apabila kita memperbesar eksport hasil produksi kita, karena itu akan menaikkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.

          Dari segi pendistribusian pendapatan di berbagai wilayah saya maksudkan agar tidak terjadi pemadatan masyarakat dalam satu wilayah saja. Sehingga berbagai daerah yang ada di indonesia dapat menjadi pusat bukan hanya jakarta. Maksud saya disini adalah dengan melakukan pendistribusian pendapatan han hasil produksi yang merata akan menghilangkan asumsi masyarakat yang berfikir bahwa di jakarta segalanya mudah diperoleh, apapun ada dan juga mencari penghasilan lebih mudah yang mana hal tersebut akan mendorong penduduk untuk bermigrasi ke kota besar seperti jakarta yang luasnya pun kecil. Dengan asumsi seperti itu saya ingin meratakan pendapatan dan hasil produksi agar masyarakat tidak lagi berasumsi seperti itu, selain itu, tujuan utamanya adalah menjadikan kota-kota lain sebagai pusat bukan hanya jakarta. Banyak sekali daerah-daerah di Indonesia yang memilii prospek dari segi sumber daya yang dimilikinya, sehingga akan amat disayangkan jika itu terbengkalai dan tidak diurus lebih oleh pemerintah.

          Tadi merupakan fokus saya apabila menjadi menteri perekonomian, sekarang adalah yang akan saya lakukan untuk membuat tujuan utama saya tercapai. Hal pertama yang akan saya lakukan tentu saja melakukan demo atau kampanye untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat, tujuannya untuk membuat rasa kebersamaan, dengan demikian masyarakat mau membantu mewujudkannya. Karena tanpa partisipasi masyarakat ini tidak dapat berjalan. Setelah itu saya akan menjelaskan bagaimana ini dapat berkerja dan efeknya terhadap perekonomian negara ini.

          Selanjutnya saya akan mendirikan sebuah instansi yang akan mengatur dan mengarahkan para warga yang memiliki keahlian untuk mendirikan sebuah industri kecil, yang mana hasilnya akan dipasarkan kepada daerah-daerah di Indonesia maupun pasar internasional. Disisi lain saya akan memberdayakan masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan untuk bekerja sebagai karyawan pemerintah lapangan, dimana mereka akan bekerja untuk memproduksi produk yang akan berlabel indonesia.  Dimana produk yang akan diproduksi adalah kebutuhan pokok yang banyak menlakukan import. Sehingga ada produk hasil dalam negeri yang akan dipasarkan secara khusus kepada masyarakat kita sendiri. Jadi ini dapat menjadi solusi bagi kita untuk menggurangi Import dalam negeri.

          Selesailah saya membicarakan mengenai mimpi menjadi seorang menteri perekonomian, saya berharap tulisan ini dapat membantu perkembangan indonesia ke depannya.

          Saya sebagai seorang yang masih sangat baru dan belum mengerti apa-apa mengenai perekonomian, hanya sebatas berpendapat. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menyinggung pihak manapun, hanya dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah yang diberikan oleh dosen.

Leave a Reply

