Feng Shui dan Asal Mulanya

 

Feng Shui berasal dari dua kata mandari yang artinya yaitu Feng (angin) dan Shui (air). Dalam feng shui yang dipelajari adalah manusia yang tinggal dibumi menyelarasnkan diri dengan bumi agar tercapai kehidupan yang harmonis, yaitu dengan mempelajari tata letak rumah yang ditempati.

Pada awalnya feng shui diterapkan untuk mengatur pemakaman atau bangunan untuk orang mati dengan tujuan agar dapat memberikan efek baik kepada keturunan orang yang sudah mati tersebut. Namun pada perkembangannya feng shui mempelajari tata letak bangunan rumah tinggal atau orang hidup.

Feng shui mempelajari keseimbangan alam atau penyelarasan manusia dengan bumi agar tercipta keharmonisan, dasar ilmunya dipelajari dari konsep Yin dan Yang. Yaitu berdasarkan pergerakan alam semesta yang dihitung dan dicatat sebagai konsep ilmu feng shui.

Konsep Yin dan Yang merupakan konsep yang menganggap bahwa dalam bumi ini terdapat kekuatan yang memberikan efek positif dan negatif kepada penghuninya.

Kekuatan Yin bersifat negatif atau sesuatu yang diidentifikasikan sebagai hal yang pasif, lembut, wanita, menerima dan di gambarkan sebagai sisi bagian kanan. Simbol yang sering dipakai untuk unsur yin adalah macan putih.

Sedangkan kekuatan yang bersifat positif yaitu sesuatu yang diidentifikasikan sebagai hal yang aktif, terus bergerak, pria, dan digambarkan sebagai sisi bagian kiri, digambarkan dengan simbol naga hijau.

Berdasarkan buku yang saya baca contoh nyata dari pergerakan unsur yin dan yang adalah pergantian antara matahari menjadi bulan. Matahari diidealkan sebagai unsur YANG dan bulan diartikan sebagai unsur YIN.

Maksud dari konsep yin dan yang adalah segala sesuatu yang terjadi dalam dunia ini tidakla kekal karena selalu terjadi pergantian posisi. Misalkan ada masa dimana seseorang mencapai kejayaan dan dia pun akan mengalami masa kemundura, ada pertemuan maka ada perpisahan, ada hidup maka ada kematian. Hal tersebut sudah menjadi sebuah hal yang tidak bisa dihindarkan lagi dalam hidup didunia ini. Dan inilah yang menjadi dasar dari YIN dan YANG.

Simbol YIN dan YANG adalah roda yang terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian yang putih dan bagian yang hitam dimana dalam bagian yang hitam terdapat titik putih demikian sebaliknya. Ini menggambarkan bahwa dalam asing-masing unsur pasti terdapat unsur yang bertentangan. Sehingga tidak ada hal yang sempurna dan hal yang terburuk. Karena pada setiap akhir pasti ada awal yang baru.

Ilmu feng shui dalam dunia orang barat merupakan gabungan antara beberapa ilmu pasti yaitu,

Geografi yang mempelajari mengenai fisik bumi dan permukaannya.

Matematika yang menghitung berdasarkan rumus.

Astrologi yang menghitung perbintangan dan kelahiran.

I-Ching yang menjadi dasar dari perhitungan feng shui.

Serta percampuan kepercayaan masyarakat terdahulu.

Feng Shui merupakan ilmu yang menggabungkan beberapa unsur untuk menghitung keselarasan penghuni dengan alam.

Sekian bahasan saya mengenai feng shui dan sejarahnya. Semoga menambah pengetahuan pembaca. Copas sertakan link blog ini ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s