Sekilas tentang TALASEMIA atau THALASSEMIA

 

 

Pernahkan anda mendengar penyakit Talasmia??

Penyakit ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Talasemia merupakan penyakit keturunan dan setahu saya hanya bisa disembuhkan dengan cangkok sumsum tulang belakang. Namun harus ada donornya tentu. Dan donornya pun harus di cek kecocokannya dengan si pasien.

Talasemia merupakan penyakit keturunan yang sering dijumpai di Indonesia dan Italia. Penyakit ini biasanya akan di turunkan kepada anak dari pasangan suami istri. Hal ini bisa terjadi karena adanya bentrok antara kandungan darah si pasangan orang tua. Oleh karena itu bagi pasangan yang akan menikah ada baiknya jika melakukan cek darah dulu agar calon anak nantinya tidak terkena penyakit talasemia ini.

Talasemia ini sering dikatakan sebagai penyakit yang sejenis dengan anemia hemolitik, yaitu penyakit karena terganggunya rantai globin. Ada  beberapa jenis talasemia yaitu talasemia alfa, beta, dan delta. Talasemia beta terjadi karena penurunan sintesis rantai beta, dan dibedakan menjadi talasemia mayor, intermedia, dan karier.

Oia, penderita penyakit talasemia ini memerlukan transfusi darah secara rutin untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh penderita.

Ciri-ciri dari seseorang yang menderita talasemia adalah pasien akan mengalami gejala anemia berat, dari bentuk wajahnya kita akan mendapati bahwa jarak antara kedua mata lebar, kulitnya menghitam, hidung yang kecil serta perubahan struktur tulang wajah. Secara perlahan pasien akan mengalami pembengkakan limpa dan hati sehingga akan membuat perut pasien menjadi besar, hal ini seperti yang sudah dikatakan karena kelebihan zat besi (Fe) oleh karena itu pasien harus benar-benar dijaga makanannya. Kalau saya tidak salah Zat besi tersebut akan menghasilkan ferum yang akan berkumpul dalam organ tubuh dan membuat pengerasan pada hati serta jantung. Sehingga pembuangan limpa pada pasien dapat mengurangi zat ferum tersebut.

Di Indonesia sudah ada yayasan yang memberikan jasa tranfusi darah secara gratis yaitu lembaga Eijkman. 

One thought on “Sekilas tentang TALASEMIA atau THALASSEMIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s