Dapatkah tertawa menjadi obat?

 Mungkin anda pernah mendengar tentang rumah sakit luar negeri yang sudah menyediakan tempat untuk menghibur pasien seperti ruang menonton video humor, atau memiliki badut-badut yang berjalan disepanjang koridor rumah sakit sambil melakukan atraksi yang lucu. Sesungguhnya tujuan mereka adalah membuat para pasiennya tertawa.

Demikianlah yang tertulis dalam buku karya Dr. Norman cousin, “Anatomy of all illness as Preceived by the Patient” à Bahwa dengan tertawa dapat menolong kesehatannya kembali.

Secara kesimpulan, ini dapat terjadi karena dengan tertawa dapat menekan produksi kortisol dalam tubuh. Kortisol merupakan zat yang menekan sistem antibody dalam tubuh kita. Sehingga dengan tertawa sistem kekebalan tubuh dapat meningkat karena jumlah kortisol yang meneka antibody berkurang.

Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa, dengan tertawa antibody dalam tubuh akan meningkat dan kemampuan tubuh kita melawan penyakit akan bertambah. Selain itu, dengan tertawa dapat menekan depresi dan penyakit jantung. Penekanan depresi dapat membuat kita awet muda karena depresi membuat otot wajah kita menegang dan membuat kerutan pada wajah.

Pada penelitian Dr. Dillion, yang saya baca dari buku stephen juen, dengan mendapatkan tawa yang merangsang syaraf untuk membuat perasaan senang dan perasaan yang enak. Ini akan menghasilkan peningkatan produksi zat Imunoglobulin A, yaitu zat yang meningkatkan kekebalan tubuh pada bagian saluran pernafasan bagian atas.

Jadi kesimpulannya, anda sudah tahu cara kerja tawa yang dapat menjadi obat secara biologis bagi tubuh kita. Oleh karena itu mulai sekarang tertawalah!! J

 

Referensi: buku tubuh ajaib karangan “Stephen Juen”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s