Senang dulu baru Senyum, atau Sebaliknya?

Hallo pembaca, dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai mana yang muncul lebih dulu jika kita tersenyum dan mengalami perasaan senang. Banyak orang yang akan berkata bahwa kita harus mengalami rasa senang dulu baru kita bisa tersenyum. Namun beberapa riset yang dilakukan para peneliti menyatakan sesuatu yang berbeda yaitu, hasil yang sebaliknya dari pernyataan diatas. “Senyum akan menghasilkan rasa senang.”

Oleh karena itu, senyum yang membuat otot-otot muka kita menghasilkan suatu ekspresi akan mempengaruhi hati kita. Jadi jika kenyataannya seperti itu, berarti perasaan sedih, marah, senang, dsb itu disebabkan juga oleh ekspresi muka kita yang terbentuk dari kontraksi otot-otot wajah.

Beberapa peneliti menggunakan metode menyebutukan huruf vokal untuk menguji apakah perubahan struktur otot wajah atau ekspresi wajah akan mempengaruhi perasaan seseorang. Misalnya apabila mereka mengucapkan huruf U maka dia akan mengalami perasaan yang tidak enak karena kita lebih banyak menegangkan otot wajah kita, sedangkan pada saat menyebutkan huruf E membuat struktur wajah yang menyerupai orang tersenyum yang mana otot wajar tidak tegang atau mengendur dan itu membuat orang mengalami perasaan yang lebih baik.

Studi Dr. Robert Zajonc yang melakukan penelitaan atas dasar penelitian charles darwin, mengemukakan bahwa perubahan tekanan pada otot (Mengendur dan menegang) akan mempengaruhi suhu darah yang akan mengalir kepada otak. Dimana suhu darah yang mengalir ke otak akan meningkat jika otot wajah tidak tegang, demikian pula sebaliknya.

Jadi pada intinya, perubahan ekspresi wajah akan mempengaruhi perasaan anda, bukanlah perasaanlah yang mempengaruhi ekspresi wajah. Jadi senyuman itu akan menciptakan rasa senang di dalam hati. Maka dari itu tersenyumlah mulai sekarang!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s