Berminat untuk Investasi saham?,, Mari cari tahu lebih lanjut…

Pernahkah anda mendengar orang-orang yang memperhatikan grafik-grafik yang disusun dari kumpulan pergerakan harga saham suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu. Mereka yang selalu memantau harga saham dari waktu ke waktu boleh dikatakan sebagai spekulan, yang pekerjaannya mencari keuntungan dari selisih harga penjualan dengan harga pembelian. Biasanya selisih tersebut disebut oleh mereka sebagai capital gain apabila terjadi untung, sedangkan capital loss apabila terjadi kerugian. Mereka yang sudah mampu melihat sebuah trend dalam grafik harga pergerakan saham, boleh dikatakan sudah mengerti mengenai seluk beluk pasar modal.

By: Mademoiselle9201.wordpress

Namun, bagaimana dengan kita yang belum mengerti bahkan untuk dasarnya saja?? Kalau begitu tidak salah jika anda memasuki halaman web dari blog ini, karena saya akan berbagi sedikit informasi bagi anda yang merupakan beginner dalam transaksi jual beli saham.

Welcomeeee….

Jika anda memasuki dunia jual beli saham. Pertama-tama anda harus tahu dahulu berapa dana yang dibutuhkan untuk bermain saham, lalu dimana anda harus bertransaksi, dan kapan itu dapat dilakukan.

By: Mademoiselle9201.wordpress

Dalam berinvestasi di pasar modal, dana yang anda butuhkan adalah bervariasi, yaitu bergantung kepada berapa harga pasar dari saham perusahaan yang akan kita beli. Namun dalam transaksi jual beli saham dikenal satuan yang mengukur jumlah lembar saham yaitu “LOT”. Satulot terdiri atas 500 (lima ratus lembar saham) dan dalam melakukan satu transaksi minimal terdiri atas satu lot. Misalnya anda ingin membeli saham PT. Gudang garam (GGRM) yang sudah turun dan diprediksi akan naik, sebut saja harga pasarnya waktu itu Rp. 11.800,- per lembar saham. Maka anda membutuhkan dana sebesar Rp. 11.800,- dikali 500 = Rp. 5.900.000,- per lot. Jadi dana yang anda butuhkan untuk transaksi minimal jika anda akan membeli saham PT. GGRM, adalah Rp. 5.900.000,- Biasanya sih kalau kita mau jual atau beli ada tambahan biaya yaitu komisi broker atau pialang, pajak pertambahan nilai, dan pajak penghasilan. Untuk lebih jelasnya nanti kalau ada waktu senggang saya akan membuat artikel mengenai perhitungannya.

Update* sejak 06 Januari 2014, fraksi 1 lot menjadi 100 lembar saham, sudah tidak berlaku untuk fraksi 1 lot = 500 lembar saham..

Sedangkan untuk order saham maksimal ditingkatkan menjadi 50 ribu lot dari 10 ribu lot.

Broker atau Pialang adalah orang yang akan menjadi perantara transaksi antara anda dengan pihak kedua. (Penjual dengan pembeli, ataupun sebaliknya). Dalam pasar modal ini wajib untuk menggunakan pialang atau broker jadi transaksi tidak boleh berjalan sendirinya.

Di Indonesia transaksi jual beli saham ini dapat dilakukan di Bursa efek Indonesia à bursa efek Jakarta. Alamatnya di Jl. Jenderal sudirman kav. 52-53, Jakarta, Indonesia. Untuk melakukan transaksi, maka kita harus menunggu hari bursa, yaitu senin-kamis jam 09.30 a.m. sd 12.00 a.m. untuk sesi pertama dan sesi kedua jam 13.30 p.m. sd 16.00 p.m. untu sesi kedua. Sedangkan pada hari jumat Sesi pertama dari jam 09.30 a.m. sd 11.30 a.m. dan sesi kedua dari jam 14.00 p.m. sd 16.00 p.m.

By: Mademoiselle9201.wordpress

Sekadar pendapat saja, jika anda ingin mendapat keuntungan yang besar dalam waktu singkat maka anda harus mempunyai dana yang besar misalnya Rp. 300 juta, jadi anda dapat membeli saham dalm lot yang banyak. Sehingga capital gain-nya pun semakin banyak. Namun perlu digaris bawahi juga, “Jika anda membeli dalam jumlah yang banyak, tanpa pehitungan yang tepat pada perusahaan yang akan anda infestasikan. Maka jangan heran jika uang modal anda hilang dalam waktu seketika”. Jadi intinya adalah kalau anda beli dalam lot besar tanpa hitungan yang tepat dan mendapat capital loss, maka ruginya pun semakin besar.

Sekarang anda sudah tahu beberapa dasar yang pasti diketahui oleh semua trader… Tinggalkan Comment jika anda merasa artikel ini membantu anda, tinggalkan saran jika anda merasa artikel ini kurang bagus. Repost boleh setelah 4 bulan terhitung sejak tanggal posting dan harap sertakan link ke blog saya, Merciii..🙂

One thought on “Berminat untuk Investasi saham?,, Mari cari tahu lebih lanjut…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s