Mari hitung dana saham-mu… (Rumus penjualan)

Sudah baca artikel saya sebelumnya tentang informasi dasar mengenai cara bermain saham?? Jika belum silahkan baca di link ini…

https://mademoiselle9201.wordpress.com/2014/04/20/berminat-untuk-investasi-saham-mari-cari-tahu-lebih-lanjut/

Pada artikel kali ini saya akan membagi ilmu mengenai cara menghitung dana yang akan kita keluarkan apabila kita melakukan transaksi baik menjual maupun membeli saham. Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai satuan dalam transaksi jual beli saham, yaitu lot. Dimana satu lot tersebut terdiri atas 500 lembar saham, Sehingga untuk melakukan transaksi minimal harus ada satu lot.

Update* sejak 06 Januari 2014, fraksi 1 lot menjadi 100 lembar saham, sudah tidak berlaku untuk fraksi 1 lot = 500 lembar saham.. untuk contoh, lembar sahamnya dari 500 tinggal diganti jadi 100 saja.

Sekarang kita akan masuk dalam perhitungan dana yang akan kita terima setelah melakukan transaksi penjualan di pasar saham.Pertama-tama kita perlu mengetahui komponen-komponen yang akan masuk dalam perhitungan atas transaksi penjualan. Komponen-komponen tersebut adalah Harga pokok atas penjualan atau nilai jual dari saham pada saat transaksi, Komisi atau fee untuk pialang, ditambah pajak pertambahan nilai (PPN) atas fee, serta PPh atau pajak penghasilan atas penjualan saham kita. Pajak penghasilan yang dikenakan atas penjualan saham sebesar 0.1 % dari nilai saham yang dijual.

Akan lebih baik jika kita langsung masuk ke ilustrasi transaksi atas penjualan,

Misalnya Miss Yuen yang tinggal di Indonesia ingin menjual sahamnya PT. Gudang Garam yang tempo lalu sudah dibelinya, Kemudian miss Yuen pergi ke trading floor di BEJ dan bertemu dengan pialangnya dan berkata “saya ingin menjual seluruh sahamnya GGRM yang saya miliki 35 lot” pada saat itu harganya sudah naik menjadi Rp. 15.900,- maka si broker atau pialang akan mencari orang yang mau menbeli saham GGRM milik miss Yuen. Oleh karena itu ada yang disebut sebagai komisi broker atau broker fee. Komisi broker sudah ditentukan oleh perusahaan BEJ yaitu sebesar 0,4 % untuk transaksi penjualan saham.

Jadi jika ilustrasinya seperti disebutkan diatas, maka perhitungan dana yang dibutuhkan untuk transaksi adalah….

  1. Dana untuk nilai Jual saham Rp. 15.900,- * 500 lembar = Rp. 7.950.000,- karena miss yuen membeli 35 lot maka biaya pokok atas saham Rp. 7.950.000 * 35 = Rp. 278.250.000,-
  2. Biaya fee broker = Rp. 278.250.000,- * 0,4% = Rp. 1.113.000,-
  3. PPN atas fee = Rp. 1.113.000,- *10% = Rp. 111.300,-
  4. PPh atas penjualan saham Rp. 278.250.000,- *0,1% = Rp. 278.250,-

Jadi Total uang yang diterima Miss yuen atas transaksi penjualan saham GGRM yang dimilikinya adalah Rp. 279.752.550,-

Cat: Sebenarnya disini saya masih heran mengapa PPN dikenakan dari fee bukan dari harga pokok sahamnya, saya akan berterima kasih jika pembaca ada yang bisa menjelaskan melalui kolom komentar dibawah???

Sekian artikel mengenai rumus penjualan, untuk mengitung rumus pembelian anda bisa buka melalui link dibawah ini…

Wwww……

Terima kasih🙂

By the way, jika anda sudah membaca artikel tentang rumus pembelian saham maka anda dapat meyimpulkan bahwa miss Yuen mendapatka keuntungan atas transaksi yaitu capital gain sebesar Rp. 70.815.325,- . Besar juga yah..🙂

One thought on “Mari hitung dana saham-mu… (Rumus penjualan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s