Sistem Metabolisme Tubuh

Hallo readers, kali ini saya akan meng-share artikel mengenai sistem kerja tubuh kita. Setelah menemani kita beraktifitas seharian tentu saja banyak organ tubuh kita yang menurun kinerjanya yang ditandai dengan lelah, punggung sakit, dan dimana tubuh kita butuh istirahat. Saat istirahat tersebutlah tubuh kita meregenerasi sel-sel yang tercemar atau rusak akibat radiasi dan sebagainya. Dalam meregenerasi sel tubuh, regenerasi tersebut dibedakan menjadi beberapa tahapan, tepatnya seperti siklus rutin yang jam kerjanya pun ditentukan oleh tubuh kita. Sistem regenerasi sel tubuh tersebut dinamakan metabolisme. Dalam siklus metabolisme tersebut terdapat bagian-bagian atau organ vital dalam tubuh yang kinerjanya maksimal pada jam=jam tertentu. Nah berikut ini akan saya share jam-jam penting yang perlu kita perhatikan agar kinerja tubuh kita maksimal dan hidup pun menjadi sehat.

Pada jam 21.00-23.00 tubuh kita seharusnya sudah diistirahatkan, yaitu dalam kondisi bersih tenang dan nyaman. Suasana tempat yang tenang diperlukan agar mendukung kondisi yang lebih pas. Jika ini terlaksana maka, pembuangan racun dalam tubuh kita lebih efektif, sehingga pada saat ini yang bekerja secara optimal adalah kelenjar getah bening yaitu sistem antibodi (kekebalan) tubuh kita.

Pada jam berikutnya yaitu 23.00-01.00 tubuh kita sudah harus dalam kondisi benar-benar tidak dipergunakan sama sekali atau dalam kondisi tidur pulas. Pada saat ini organ tubuh yang diregenerasi adalah Hati. Hati kita akan melakukan detoksin (pembuangan racun). Apabila kita tidak tidur pada jam segini kita akan memiliki potensi lebih untuk terkena penyakit hati atau kerusakan hati. Jadi bagi para readers jangan tidur malam-malam.

Pada jam 01.00-03.00 organ tubuh yang didetoksin adalam empedu kita. Pada saat ini pun kita harus dalam kondisi tidur pulas.

Pada jam 03.00-05.00 organ tubuh yang didetoksin adalah paru-paru. Pada kondisi ini orang yang memiliki sakit pada organ paru-parunya makan akan batuk-batuk.

Pada jam 05.00-07.00 Terjadi pembuangan racun pada usus besar, Usus yang sehat maka pada jam ini akan BAB (Buang air besar). Jika belum BAB maka harus diusahakan agar BAB pada jam ini, Jika dicoba terus maka nantinya tubuh akan menyesuaikan dan terbiasa.

Pada jam 07.00-09.00 Penyerapan zat di usus kecil sedang maksimal, sehingga kita perlu makan makanan yang bergizi tinggi, agar tubuh kita memerlukan asupan gizi yang cukup. Jadi sarapan pagi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalau orang sedang sakit sebaiknya makan paginya sebelum jam 06.30.

Yah, setelah dibaca semoga diterapkan sehingga semakin banyak orang sehat yang hidup didunia ini. Psn dari penulis jika ingin hidup sehat maka ubahlah pola hidup menjadi sehat ikutilah aturan tubuh kita dan cukupilah kebutuhan tubuh. ^^

Jika ingin share harap sertakan direct link ke url blog saya. Terima kasih.

One thought on “Sistem Metabolisme Tubuh

  1. Femby says:

    Permisi, saya mau bertanya, apakah “jam biologis” manusia ini di tes pada jam waktu tertentu? Contoh pada jam rata-rata orang tidur jam 9 malam lalu terbangun pada jam 4-6 pagi setiap harinya (tidur kurang lebih 8 jam)??

    Bagaimana jika seseorang sudah terbiasa tidur dari jam 3 pagi (subuh) dan terbangun sekitar jam 10-12 siang (tidur kurang lebih tetap 8 jam)?? Apakah “jam biologis” manusia tersebut dapat berubah dan kemudian menyesuaikan diri dengan jadwal barunya (yang tidur tetap saja 8 jam, sehingga proses metabolisme tubuh masih bias tetap berjalan seperti biasanya, hanya saja di jam yang berbeda)??

    Bagaimanakah dengan seseorang yang contohnya tidur seperti biasa (dari jam 9 malam sampai 5 pagi = 8 jam) selama 20 tahun, kemudian pindah ke luar negri untuk alasan tertentu? Yang dimana jam di sana itu lebih cepat (atau lambat) misalkan lebih dari 5 jam. Lalu kita membiasakan diri untuk tidur jam 9 malam pada zona waktu Negara tersebut yang dimana lebih cepat (atau lambat) 5 jam. Sehingga tubuh kita akan dipertemukan dengan jadwal tidur yang baru. Apakah “jam biologis” manusia tersebut akan berubah? Atau tidak?

    Apakah perubahan “jam biologis” ini (jika memang benar bisa berubah), dapat memiliki efek samping terhadap kesehatan kita? Ataukah tidak?

    Dan apakah tubuh kita membutuhkan waktu yang lama atau cepat? Untuk menyesuaikan diri dengan jadwal (“jam biologis”) yang baru ini?

    Thank you in advance, bagi siapa pun yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s