Tugas 3/perekonomian indonesia

Tabungan pemerintah,

Tabungan merupakan dana atau sesustu yang memiliki nilai yang disisihkan. Dalam hal ini menabung tidak hanya dilakukan oleh masyarakat namun juga oleh pemerintah. Pemerintah mendapatkan dana untuk ditabung dari dana yang tidak dipergunakan untuk pembiayaan kegiatannya. Sehingga, perhitungan atas tabungan pemerintah dapat diperoleh dari pendapatan negara dikurang pengeluaran rutin. Apabila terdapat hasil positif artinya pendapatan lebih besar dari pengeluaran makan terdapat penghasilan lebih yang akan ditabung. Hasil ini yang disebut sebagai tabungan pemerintah. Pengeluaran rutin adalah pengeluaran pemerintah diluar untuk pengeluaran pembangunan, sehingga akan berhubungan langsung dengan operasional pemerintah, contohnya, gaji pegawai pemerintah, bunga atau angsuran utang pemerintah, subsidi daerah, dsb.

 

Penilaian BUMN cenderung Akuntansi

Akuntansi merupakan ilmu yang dipergunakan untuk mengolah informasi menjadi data yang berguna bagi penggunanya dalam mengambil keputusan. Salah satunya adalah pengambilan keputusan mengenai kesehatan suatu organisasi. Penilaian akan melihat manajemen operasional, kemampuan menghasilkan laba, pencapaian tujuan organisasi, kemampuan organisasi bertahan (survive), dbs. Hal tersebut dapat dilihat dari laporan keuangan organisasi tersebut. Karena laporan keuangan akan menggambarkan kinerja organisasi tersebut. BUMN sebagai instansi pemerintah, akan memiliki laporan keuangan yang dibuat oleh akuntan negara atau akuntan pemerintah. Penyajian laporan tersebut akan membantu menilai kinerja BUMN. Penilaian tersebut akan menghasilkan kesimpulan seperti apakah BUMN tersebut telah mencapai tujuannya?, apakah BUMN tersebut telah memaksimalkan kinerjanya, (misalnya manajemen penggunaan kas à Laporan arus kas)?, dan yang terpenting apakah BUMN tersebut dapat bertahan untuk jangka waktu panjang (SURVIVE)?.

 

Pihak berwenang menilai BUMN

BUMN merupakan badan usaha yang dimiliki oleh pemerintah karena pemerintah menanamkan modalnya dalam badan usaha tersebut. Sehingga dalam operasionalnya, pemerintah menjadi penguasa yang mengatur kegiatan usaha, penetapan kebijakan usaha, mengawasi kegiatan operasional, serta menanggung resiko yang terjadi. Sehingga pihak yang berhak menilai BUMN adalah Pemerintah, dinilai berdasarkan Kinerja BUMN yang tercermin dari Laporan Keuangan yang disajikan oleh Akuntan Negara.

 

Inflasi selalu merugikan

Inflasi selalu dikaitkan sebagai masalah bagi perekonomian demikian juga dengan lawannya deflasi. Inflasi dan deflasi merupakan salah satu masalah pokok ekonomi makro. Untuk menciptakan perekonomian yang sehat dibutuhkan keseimbangan sehingga tidak terjadi inflasi maupun deflasi. Namun, dalam penerapannya tidak ada kondisi tersebut. Secara umum yang terjadi adalah Inflasi. Inflasi selalu dianggap sebagai hal yang merugikan bagi perekonomian suatu negara. Namun, Inflasi tidak selalu merugikan. Inflasi dapat menguntngkan dengan syarat inflasi tersebut dapat dikendalikan yaitu dalam batasan tidak lebih dari 5 %. Inflasi yang merugikan adalah inflasi yang sudah mencapai nilai diatas 10%. Inflasi dalan angka kecil (Kurang dari 5%) dapat memberikan efek positif karena inflasi tersebut dapat mendorong peningkatan output produksi. Karena, memicu produsen untuk menambah produksi. Konsepnya, pada saat harga produk naik, laba yang dihasilkan akan meningkat dan membuat produsen menambah kapasitas produksi, efeknya pada penambahan penghasilan, penambahan konsumsi, sehingga PNB akan meningkat. Dalam batas 5% tidak akan mengurangi permintaan secara besar.

One thought on “Tugas 3/perekonomian indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s