Tugas 5/perekonomian indonesia

Revaluasi dan Devaluasi, Sering mendengar kata revaluasi dalam berita transaksi internasional… Revalusi memang berkaitan dengan transaksi internasional. Lebih tepatnya, sarana untuk melakukan transaksi internasional, yaitu Uang. Perbedaan Maata uang antar negara membuat adanya Kurs atau nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Pergerakan nilai tukar mata uang suatu negara membuat ada kalanya. Terjadi Penurunan nilai tukar terhadap mata uang negara lain (Devaluasi) dan Peningkatan nilai tukar (Revaluasi).

Masih berbicara tentang transaksi internasional, dikenal adanya istilah Embargo. Embargo merupakan kebijakan transaksi internasional yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mengatur transaksi eksport dan import antar negara. Dalam hal ini Embargo merupakan Larangan untuk tidak melukan transaksi eksport Import dengan negara tertentu. Biasanya ini bertujuan untuk pengendalian kondisi ekonomi, maupun politik antar negara.

Istilah Hedging sendirimerupakan istilah yang sering didengar dalam dunia investasi. Pergerakan kondisi perekonomian yang semakin Volatile membuat nilai dari suatu benda ekonomis semakin riskan (penuh risiko), selain itu, peningkatan inflasi menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Oleh karena itu dikenal adanya istilah hedging. Heding merupakan Cara untuk melindungi atau mempertahankan nilai ekonomis dari suatu benda agar tidak lapuk termakan waktu atau perubahan yang ada. Biasanya untuk melakukan hedging dilakukan adanya Forward Contract, ataupun Trusted Investment Seperti investasi sektor Rill. Rumah, Tanah, Hail Tambang, Komoditas, etc…

Kuota Import merupakan Jumlah yang diizinkan oleh pemerintah untuk memasuki wilayah indonesia dari negara lain. Dengan kata lain, kuota inport merupakan limit jumlah barang yang dapat diImport ke dalam indonesia.

Laju pertumbuhan penduduk lebih besar > dari laju pertumbuhan ekonomi, Laju pertumbuhan ekonomi dapat diindikasikan dengan peningkatan pendapatan nasional yang diperoleh dari peningkatan kapasitas produksi. Sedangkan peningkatan pertumbuhan penduduk merupakan peningkatan jumlah populasi manusia dalam suatu negara. Apabila terjadi kondisi dimana pertumbuhan penduduk lebih besar dari laju pertumbuhan ekonomi maka kondisi perekonomian negara tersebut akan semakin menurun. Ditandai dengan penurunan pendapatan rill masyarakat diikuti dengan penurunan tingkat kemakmuran negara tersebut.

Kemiskinan Absolut

Kemiskinan Absolut merupakan ketidak mampuan atau ketidak berdayaan secara mutlak atau pasti. Kondisi ini dapat terjadi sesuai dengan penggolongan tingkat pendapatannya. Sehingga akan bersifat tetap dan tidak akan berubah walaupun ada perbedaan waktu dan tempat. Jadi, ada standarnya yang menyatakan batasan untuk kategori miskin.

Contohnya,

  1. Seorang dengan penghasilan 20.000 per hari, sedangkan kebutuhan pokoknya lebih dari 20.000. Sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhannya. Biasanya “pemulung”
  2. Seseorang tidak mampu untuk membeli kebutuhan hidupnya karena ketidak berdayaan dan ketidak mampuannya.

Kemiskinan Relatif

Merupakan kemiskinan yang muncul karena persepsi atau pandangan. Jadi tidak dapat dilihat secara kenyataannya. Kemiskinan ini merupakan kemiskinan yang muncul karena anggapan seseorang. Miskin disini dapat diartikan sebagai miskin dalam golongan atau kelompok tertentu.

Contohnya,

  1. Penghasilan anda sudah melebihi penghasilan orang rata2 dan anda sudah mampu memenuhi kebutuhan pokok anda. Namun, anda ingin menyamai orang yang statusnya jauh diatas anda misalnya bill gates. Jadi anda kalah dan merasa miskin.
  2. Penghasilan anda 10.000.000,- saat standar kebutuha hidup 2.000.000, lalu anda ingin membeli mobil terios. Karena penghasilan anda tidak cukup anda beranggapan bahwa anda miskin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s