Hubungan KESOMBONGAN, EGO, HARGA DIRI, KEPERCAYAAN DIRI, dan EQ

images

Hai readers,,,

Kali ini penulis akan membahas mengenai kesombongan, ego, harga diri, kepercayaan diri, dan EQ… sebenarnya ada gak sih hubungan diantara mereka yang sudah saya sebutkan?? Apa sih kesombongan itu?? Apa sih ego itu?? Kapan mereka muncul?? Dan apa yang menyebabkan mereka muncul?? Gimana sih cara mengetahui keberadaan mereka?? Nah untuk menjawab semua pertanyaan diatas, langsung aja kita simak tulisan saya kali ini……. J enjoy reading ^^

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering sekali mendengar teman kita mengatakan, misalnya “iihhh,, lo liat deh. Si “xxx” sombong bangettt deh.” atau yang langsung “lo sombong banget sih.”

Terkadang kita tidak menyadari kapan kesombongan itu menghinggapi kita.

Terkadang orang menyalah artikan kesombongan sebagai cara untuk menjaga harga diri. Memang benar kalau kita perlu menjaga harga diri, salah satunya adalah dengan menjaga sikap kita. Namun akan lebih bijak jika kita menjaga sikap kita agar tidak bersikap keterlaluan. Disinilah terlihat perbedaan antara orang yang memiliki EQ tinggi dan EQ rendah, mereka yang memiliki EQ tinggi biasanya dapat mengendalikan emosi mereka dan sikap mereka. Sehingga mereka dapat menentukan sikap yang benar saat menghadapi orang lain.

Jika kita fikirkan kembali, pada umumnya kesombongan dapat tercipta jika kita memiliki sesuatu yang spesial atau kita memiliki sesuatu yang lebih dari pada orang pada umumnya. Misalnya saja karena kita berada dari keluarga orang kaya, orang berkuasa, atau keluarga bangsawan… namun, sebagian kecil dari populasi manusia. Ada beberapa orang yang pernah saya jumpai, mereka benar-benar sombong dan tinggi hati namun saya tidak dapat melihat sesuatu yang spesial dari diri mereka.. hadehh,, gimana nih? Udah standard sombong pula…. hahaha…

Pandangan saya sendiri mengenai kesombongan sangatlah sederhana. Kesombongan merupakan kunci untuk membuka semua pintu didunia atau kunci yang tidak berfungsi dimana pun. Jadi pandai-pandailah mengatur kadar kesombongan dalam diri anda, Ingat terlalu sombong membuat anda percaya diri secara berlebihan, tapi terlalu standar membuat anda berada dalam level yang sama. Kuncinya, sesuaikan keempat aspek dalam judul diatas…

2 thoughts on “Hubungan KESOMBONGAN, EGO, HARGA DIRI, KEPERCAYAAN DIRI, dan EQ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s