Human with Endless

Hello readers, kali ini saya akan membahas ide yang tiba-tiba terfikirkan tanpa sengaja. Bagaimana jika bumi kita yang sudah berumur ribuan tahun ini mencapai akhir dari masa penggunaannya. Apakah mahkluk hidup yang tinggal didalamnya masih dapat hidup di bumi ini? Atau Apakah manusia akan mencari tempat lain yang terdapat di luar bumi kita (Luar angkasa)? Atau Apakah manusia akan beradaptasi dengan perubahan struktur bumi yang perlahan-lahan rusak akibat manusia yang tinggal didalamnya???

Karena inilah, saya mencari tahu seperti apa awal dari bumi ini sampai manusia dapat tinggal di dalamnya seperti saat ini.

Planet bumi telah mengalami evolusi yang sangat sangat panjang, dimana terjadi perubahan berkali-kali pada lapisan kulit bumi. Hal-hal ini sudah diteliti oleh para geologi yang membuat bumi mengalami beberapa masa yang diklasifikasikan seperti dibawah ini:

  1. Masa Arkaekum: Ini merupakan perkiraan zaman tertua dari bumi kita yaitu sekitar 2500 juta tahun lalu. Pada awalnya planet bumi ini tidak memiliki kehidupan sama sekali karena sangat panas. Jika mendapat informasi seperti ini apakah anda berfikir lalu mengapa sekarang tidak sepanas dulu? Mungkin karena terbentuknya atmosfer? Jadi apakah atmosfer dapat dibentuk? Jika ia, berarti Planet Mars nanti bisa ditempati oleh manusia??
  2. Masa Paleozoikum: Pada masa ini sudah terdapat kehidupan di Bumi ini dengan adanya hewan-hewan seperti ikan, reptil, mikroorganisme, serta binatang tak bertulang belakang. Ini dimulai pada perkiraan 340 juta tahun yang lalu. Dan Sepertinya mahluk hidup pada zaman itu rata-rata berkulit tebal. Mungkin karena perubahan iklim yang besar. Jadi jika manusia pindah ke planet mars umungkinkah manusia yang menyesuaikan kepada keadaan planet mars? Atau apakah planet mars yang menyesuaikan seperti perubahan yang diciptakan para ilmuwan.
  3. Masa Mesozoikum atau Zaman hidup pertengahan: Ini terjadi sekitar 140 juta tahun yang lalu, Inilah zaman dimana binatang reptil raksasa seperti dinosaurus berjaya. Pada zaman ini perkembangan merekalah yang terbesar kemudian disusul dengan mamalia dan burung. Akibat Hujan meteor maka para reptil tersebut mengalami kepunahan.
  4. Masa berikutnya adalah zaman Neozoikum atau zaman hidup baru : Masa ini terjadi dimulai sekitar 60 juta tahun lalu. Pada Masa ini perubahan cuaca tidak terlalu drastis sehingga keadaan bumi membaik. Mungkin karena atmosfir telah terbentuk dengan sempurna. Zaman ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu:
    • Zaman ketiga (tersier): Ini dimulai sekitar 60 juta tahun yang lalu, Pada masa ini perkembangbiakan mahkluk mamalia mencapai kejayaannya dimana terjadi evolusi yang membentuk tipe primata (Kera).
    • Zaman Keempat (Kuartier): Ini berlangsung sekitar 600 tahun yang lalu ditandai dengan adanya evolusi terhadap manusia, Zaman ini sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu:
      • Zaman Dilluvium (Plestosin): Zaman ini berlangsung 600 tahun lalu dimana sudah ada manusia purba yang menempati bumi ini. Pada zaman ini terdapat periode glasial dimana terjadi pergeseran bumi yang membuat naiknya beberapa dataran di bumi dan turunnya air laut serta tertutupnya amerika dan eropa akibat es kutub utara. Serta periode interglasial yaitu saat dimana air laut naik akibat dari naiknya suhu bumi yang mencairkan es kutub dan membuat banjir besar yang memisahkan daratan-daratan yang sudah ada menjadi bagian yang terpisah-pisah.
      • Zaman Holocen/alluvium dimulai sejak 20.000 tahun yang lalu dan ditandai dengan manusia yang sudah memiliki daya nalar yaitu tipe homo sapiens. Yang mana masa kehidupan manusia itu masih berlangsung sampai saat ini.

 

Kurang Lebih seperti itulah perkembangan bumi hingga terbentuknya mahkluk hidup didalamnya. Bumi yang pada awalnya tidak memiliki kehidupan dapat memberikan kehidupan dan tempat naungan kepada manusia setelah mengalami peradaban yang panjang. Namun karena perkembangan teknologi membuat terjadinya perubahan atmosfer pada bumi yang dapat mengancam kehidupan manusia dengan akhir pada perubahan struktur bumi ini. Oleh karena itu ada baiknya jika manusia tetap menjaga agar bumi ini tetap seperti asalnya demi kelangsungan hidup manusia.

Sekian artikel saya kali ini semoga menambah wawasan anda dan rasa prihatin anda terhadap bumi kita.

 penciptaan-300x287

“Jagalah bumi kita, karena tidak ada bumi kedua yang akan muncul

saat bumi kita hancur”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s