INTERNASIONALISASI PASAR MODAL

Currency_Globe_shutterstock_108783959Internasionalisasi dapat diartikan sebagai proses untuk membentuk relasi atau hubungan antar negara. Sehingga, Internasionalisasi akan membuat transaksi yang terjadi sudah melampaui batas negara. Transaksi yang terjadi sudah tidak memperhatikan wilayah dan geografis negara tersebut. Oleh karenanya, internasionalisasi merupakan salah satu ciri dari globalisasi.

Transaksi yang mencirikan hal tersebut adalah adanya kerjasama dan pertukaran dalam bentuk apapun antar negara-negara di dunia. Pertukaran dan kerjasama dapat terjadi dalam bentuk apapun. Misalnya, pertukaran hasil produksi dan sumber daya manusia antar negara. Dengan adanya transaksi pertukaran antar negara maka terjadi perdagangan internasional.

imagesPerdagangan internasional dapat diartika sebagai transaksi pertukaran modal, barang, dan jasa antar negara. Sehingga perdagangan internasional tidak membatasi transaksi antar wilayah. Perdagangan internasional akan membuat peningkatan volume produksi yang signifikan. Peningkatan ini tentunya akan meningkatkan kinerja entitas. Namun, untuk melakukan peningkatan ukuran produksi. Entitas akan membutuhkan penambahan dana. Dana tersebut diperlukan untuk ekspansi operasional entitas.

Peningkatan kapasitas yang terjadi akibat internasionalisasi akan mengakibatkan peningkatan permintaan yang signifikan. Oleh karenanya, Dana yang dibutuhkan dalam bentuk ekspansi tidaklah dalam julah yang kecil. Dengan adanya transaksi internasional, entitas tidak hanya melakukan pertukaran hasil produksi dan SDM antar negara. Namun, entitas dapat mengajukan proposal untuk mendapatkan suntikan dana dari asing.

1443207investment-basics780x390

Pengajual proposal pendanaan kepada perusahaan asing merupakan salah satu cara untuk mendapatkan modal asing. Diluar dari hal diatas, pemerintah sebagai regulator dapat membuat kerjasama dengan negara lain mengenai kebijakan penyediaan dana asing. Pada saat ini, Pasar modal menjadi wadah yang disediakan oleh pemerintah sebagai sumber pendanaan dari publik.

Pasar modal diciptakan oleh pemerintah dengan tujuan sebagai perantara antara pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang kelebihan dana. Seiring dengan globalisasi, emiten dalam pasar modal tidak hanya terdaftar dalam satu pasar modal saja. Akibat adanya perdagangan internasional, Pasar modal suatu negara dapat dual listing dengan bursa saham asing. Oleh karenanya, terjadi inegrasi antar pasar modal di dunia. Hal inilah yang disebut dengan internasionalisasi pasar modal.

Perkembangan perdagangan internasional sendiri dimulai dari kawasan Eropa tepatnya di negara Inggris. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi tenaga uap yang meningkatkan revolusi industri manufaktur. Untuk memenuhi kebutuhan modal. Banyak entitas yang mendaftarkan diri di pasar modal. Pada awalnya, aliran modal hanya terjadi dalam satu negara. Hal ini tidak mencukupi kebutuhan entitas akan dana ekspansi. Maka dari itu, pasar modal melakukan kerjasama dengan negara lain. Dimana, investor asing dapat menanamkan dananya ke dalam negeri. Dengan demikian, resiko yang muncul semakin tinggi dan emiten dituntut untuk melaporkan dalam bentuk yang lebih kompleks, tepat, dan rinci. Sampai saat ini, pasar modal dunia dikelompokan menjadi tiga wilayah besar yaitu Amerika utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Hal ini akan membuat adanya negara adikuasa yang akan memelopori kejadian internasional. Negara-negara adikuasa tersebut adalah Amerika, United Europe, China, dan Jepang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s